Tuesday, August 27, 2019

Damai: Mendagri Seharusnya Belajar Pancasila dari Habib Rizieq Shihab


Pancasila akhir-akhir ini sering dibenturkan dengan Islam. Seakan umat Islam antipancasila dan ingin mendirikan negara Islam Indonesia. Sampai-sampai nama HTI (Hizbut Tahrir Indonesia, kini sudah dibubarkan) selalu diseret-seret dalam ranah politik praktis. Padahal partai politik Internasional itu bukan berskala nasional melainkan dunia. Jadi mustahil HTI mendirikan negara Islam Indonesia (nasional).

Tekait pancasila, yang teranyar adalah perkataan Mendagri Tjahjo Kumolo bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab perlu mempelajari dasar negara Indonesia, Pancasila.

Menanggapi perkataan tersebut, seperti terlansir CNN Indonesia, Selasa (27/8/2019), Ketua Divisi Hukum Persaudaraan Alumni 212 Damai Hari Lubis mengatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo seharusnya belajar tentang Pancasila dari imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Damai juga menyampaikan Habib Rizieq paham betul soal Pancasila dan pernah menulis tesis berjudul "Pengaruh Pancasila terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia."

Bahkan, sebenarnya Habib Rizieq berhasil membedah filosofi Pancasila dalam kaitannya dengan ajaran agama. Sehingga Rizieq berhasil lulus dengan cum laude.

0 comments: