Friday, July 12, 2019

Langka, Hujan Es dan Pohon Tumbang Landa Aceh Besar


Di daerah tropis memang jarang dilanda hujan es. Sebut saja Indonesia. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan fenomena langka tersebut terjadi.

Aceh. Wilayah yang merupakan bagian dari negeri Jamrud Khatulistiwa ini dilanda hujan es disertai tumbangnya  belasan batang pohon.

Terlansir Antara, Sabtu (13)7/2019), pohon-pohon yang bertumbangan itu menghantam badan jalan di lintas Seulimum-Jantho, dan Seulimum-Lamteuba.

Hal di atas disebabkan oleh awan Cumulonimbus yang memang melanda wilayah Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Mengutip sumber yang sama, Teuku Ahmad Dadek yang merupakan Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Aceh (BPBA), menjelaskan semula kondisi cuaca sempat dilanda angin kencang dan hujan biasa di beberapa gampong (desa), di Kecamatan Seulimum, Aceh Besar. Tapi beberapa saat kemudian ketika angin dan hujan terjadi, turunlah butiran es yang berukuran kecil. Kejadian ini berlangsung sekitar 10 menit.

Ia juga menambahkan, dari keterangan masyarakat setempat menyebutkan bahwa fenomena yang sangat jarang ini telah melanda beberapa desa meliputi Lampisang, Capeung, Tanoh Abe dan Lamteuba.


0 comments: