Sunday, May 5, 2019

Perlunya Dilakukan IT Audit Proses Situng KPU



Mungkin sebagian orang sudah jenuh dengan banyaknya kesalahan dalam Situng KPU. Media sosial misalnya, dibanjiri info terkait hal tersebut, mulai dari kesalahan ketik, tidak ada data pindai dokumen C1,  data  pemilih yang jumlahnya lebih dari DPT dari satu TPS, hingga situs KPU menampilkan hasil input yang salah itu.

Ini sungguh sangat memperhatikan. Dan telah mendapatkan perhatian serius dari banyak pihak yang kompeten dan profesional. Sebut saja sebuah komunitas yang menamakan diri mereka Komunitas eData Integrity Watch. Mereka memberikan rekomendasi atas semua masalah tersebut, yakni perlunya dilakukan IT Audit oleh pihak independen atau gabungan dari pihak yang kompeten untuk menguji keandalan pengendalian dan pengecekan internal dari proses aplikasi situng KPU

Argumentasi mereka adalah, dengan adanya Audit atas proses IT tersebut akan dapat ditentukan apakah kelemahan Pengendalian Internal itu memang merupakan kelemahan dalam pengendalian proses program aplikasi atau telah terjadi kesengajaan dari oknum tertentu, yang dengan mudah bisa dilacak pada aktifitas log di server KPU.

Menurut mereka hal ini sangat mendesak dilakukan agar kinerja KPU dalam perhitungan hasil pemilu dapat segera diperbaiki.

0 comments: