Saturday, May 25, 2019

Amerika Serikat dan Jepang Semakin "Mesra", Bagaimana dengan Pengaruh China di Indo-Pasifik?



Sabtu (25/5/2019) Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump didampingi oleh Ibunegara Melania Trump tiba di Tokyo. Mereka sedang melakukan kunjungan resmi ke Negeri Sakura itu.

Berdasarkan informasi dari laman Aljazeera.net, direncanakan rombongan dari Negeri Paman Sam ini mengadakan kunjungan di tanah para samurai tersebut selama empat hari. Sejumlah agenda pun telah menanti Trump di sana.

Salah satu agendanya ialah bertemu dengan Kaisar Jepang Naruhito yang dijadwalkan pada hari Senin (27/5) waktu setempat.

Pertemuan ini sekaligus akan menjadikan Trump sebagai pemimpin negara pertama yang bertemu dengan sang kaisar baru Jepang.

Mengutip RMOL, Minggu (26/5/2019), sebelum bertolak ke Jepang, Trump mengatakan, "Di antara seluruh negara di dunia, saya adalah tamu kehormatan dalam acara terbesar yang mereka selenggarakan dalam lebih dari dua ratus tahun."

Adapun harga ini, Minggu (26/5/2019), Trump dijadwalkan bermain golf dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kemudian, kedua pemimpin itu akan menyaksikan pertandingan tradisional Jepang, Sumo.

Sebagai penutup hari ini, Trump dan Abe beserta istri masing-masing akan makan bersama di sebuah restoran yang terletak di kawasan entertainment Roppongi, Tokyo.

Selanjutnya, tentu membahas sejumlah persoalan yang menjadi perhatian bersama, seperti Iran, Korea Utara serta kerja sama perdagangan kedua negara sebagai agenda utama dalam kunjungan Trump ke Jepang.

0 comments: