Wednesday, April 24, 2019

Tampak Bekas “Tipe-X” di Foto Scan Form C1, Salah Input ataukah Kesengajaan?



Istilah Tipe-X  sangat terkenal di era kejayaan mesin tik. Digunakan untuk menutupi tulisan hasil ketikan yang salah. Setelah zaman berubah menjadi era digital, kepopulerannya perlahan menurun. Meski demikian, tidak berarti liquid paper yang ditemukan Bette Graham itu tidak lagi diproduksi. Sampai saat ini masih diproduksi dan diperjualbelikan.

Nah yang mengejutkan, penggunaan Tipe-X ditemukan di  TPS 02, Desa MANDALAMEKAR, Kecamatan JATI NARAS, Kabupaten TASIKMALAYA, Provinsi JAWA BARAT.

Bagaimana ceritanya ya?

Begini, berawal dari Situng Web KPU yang tertera jelas bahwa suara paslon 02 Prabowo-Sandi ditulis 1. Padahal seharusnya 114.



Kok bisa? Apakah salah input data seperti yang sudah-sudah? TIDAK! KALI INI BERBEDA. Setelah ditelusuri, ternyata di foto scan form C1 paslon 02 secara angka ditulis 1, yakni angka 1 dan dua kolom di belakangnya kosong. Di dua kolom yang kosong itulah tampak ada tanda-tanda bekas tulisan yang dihapus dengan “Tipe-X”.

Begitu juga di kolom tulisan, pada paslon 02 tulisan angka "SERATUS EMPAT BELAS"  terlihat dihapus dengan Tipe-X.


Sementara paslon 01 (Jokowi-Maruf), pada kolom tulisan ditulis "SEBELAS" sama dengan pada kolom
angka, yaitu X11.

Tanda-tanda bekas Tipe-X itu diperkuat dengan jumlah suara sah 125 dan tidak sah berjumlah 6 denga total ada 131 suara. Seandainya benar adanya suara paslon 02 Prabowo-Sandi adalah 1, tentunya 11 + 1+ 6= 18. Padahal seharusnya jumlahnya 131.  Jadi, yang benar  11 + 114 + 6=  131.

0 comments: