Monday, January 14, 2019

Apa Sajakah Syarat Seleksi Penulis Emerging Indonesia Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2019? Yuk, Cermati!



Mungkin bagi sebagian penulis, seleksi ini merupakan hal terpenting dalam meniti karir di dunia kepenulisan dari waktu ke waktu. Apa pun alasannya, program festival untuk menemukan calon bintang-bintang sastra Indonesia ini perlu diapresiasi. Adapun batas akhir pengiriman karya dalam seleksi ini jatuh pada 15 Maret 2019. Kemudian pengumuman nama para penulis terpilih pada akhir Mei 2019. Sekadar informasi tambahan, dewan kurator adalah para penulis ternama Indonesia. Akan tetapi, nama-nama mereka dirahasiakan sampai para penulis terpilih diumumkan.
Nah, lalu apa sajakah syarat mengikuti seleksinya? Mengutip laman UWRF, seleksi yang ditujukan khusus bagi penulis berkewarganegaraan Indonesia ini memiliki sebelas syarat umum, yakni sebagai berikut:
1.   Karya dikirim dalam bentuk dokumen digital (Word atau PDF) yang dapat diunggah melalui formulir di http://www.ubudwritersfestival.com/formulir-seleksi-penulis-emerging-2019/
2.   Karya yang dikirim merupakan karya asli, bukan saduran, terjemahan, maupun tiruan. Panitia menggunakan piranti lunak untuk memeriksa kemungkinan karya tiruan.
3.   Karya yang dikirim merupakan karya fiksi berupa novel, cerita pendek, maupun puisi.
4.   Karya yang dikirim merupakan karya yang belum pernah diterbitkan.
5.   Karya yang dikirim mencerminkan pergulatan manusia dengan isu-isu sosial, budaya, dan lingkungan.
6.   Karya yang dikirim menunjukkan kreativitas dalam penggarapan cerita serta pelukisan karakter
7.   Peserta cukup mengirimkan satu karya saja.
8.   Panjang maksimal setiap cerita pendek adalah 3.000 kata.
9.   Panjang maksimal setiap puisi adalah 300 kata.
10. Panitia memiliki hak untuk menerjemahkan serta menerbitkan karya-karya yang terpilih kedalam antologi tahunan festival.
11. Penulis yang mengikuti seleksi wajib mengisi formulir online melalui tautan di http://www.ubudwritersfestival.com/formulir-seleksi-penulis-emerging-2019/

Setelah dinyatakan lolos, para penulis terpilih akan diterbangkan menuju Ubud, Bali untuk menghadiri UWRF pada 23—27 Oktober 2019. Mereka akan menjadi pembicara dan berpartisipasi dalam beberapa kegiatan festival semisal panel diskusi, pembacaan karya, dan lainnya. Sementara karya-karya mereka akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggeris dan diterbitkan dalam buku dwi bahasa antologi 2019 yang akan diluncurkan pada UWRF tahun ini. Yup, selamat mengikuti dan tetap semangat!

0 comments: