Monday, October 15, 2018

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI Kudus 5--7 April 2019.




Membahas sastra seakan tidak ada matinya. Sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita sudah mahir bersastra dalam bentuk mantra dan pantun misalnya. Kemudian seiring pergerakan kehidupan manusia menuju zaman ke zaman, bermunculanlah berbagai jenis sastra. Puisi, tak lagi sekadar mantra, pantun, syair,  haiku, dan puisi lama lainnya. Tetapi, lebih kepada puisi-puisi mutakhir. Puisi-puisi yang tidak terikat aturan-aturan ketat seperti puisi lama zaman dulu. Begitu pun dengan prosa telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Berbagai genre telah hadir di tengah-tengah masyarakat dengan peradaban  tinggi.


Hal yang demikian tersebut tidak terlepas pula dari adanya lomba-lomba, diskusi-diskusi, dan ajang pembacaan karya lainnya. Tentu kita menyambut gembira segala kemajuan sastra ini. Termasuk pula sebuah helat sastra besar bernama Pertemuan Penyair Nusantara (PPN).  Dan, sebagaimana informasi yang kami  dapatkan, tahun 2019 yang akan datang PPN XI diadakan di Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya di Kota Kudus  pada 5--7 April 2019. Salah satu agenda dalam rangkaian kegiatannya adalah, panitia akan menerbitkan, meluncurkan, dan mendiskusikan buku antologi puisi bersama karya para penyair Nusantara.


Itulah sebabnya,  Panitia PPN XI mengundang para penyair di kawasan Nusantara yang meliputi Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Timur Leste untuk mengirimkan masing-masing satu puisi terbaiknya. Adapun ketentuan puisi dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Tema, “Puisi untuk Persaudaraan dan Kemanusiaan”.
  2. Panjang puisi bebas.
  3. Harus merupakan puisi baru ciptaan tahun 2015--2018.
  4. Melampirkan biografi ringkas maksimal separuh halaman A4 ketikan satu spasi, dan foto diri terbaru close-up .
  5. Naskah puisi beserta biografi dan foto diri harus sudah diterima Panitia paling lambat 10 Desember 2018.
  6. Naskah puisi beserta lampirannya harap dikirimkan via email ke puisippnxi@gmail.com. Bagi penyair Indonesia yang tinggal di wilayah Jawa Tengah harap di-CC ke sosiawan.leak@yahoo.com. Bagi penyair Indonesia yang tinggal di luar Jawa Tengah harap di-CC ke kreativa78@gmail.com. Bagi penyair manca negara harap di-CC ke kurator masing-masing negara.
Sebagai informasi tambahan, puisi-puisi yang diterima panitia akan diseleksi oleh Tim Kurator dari wilayah dan negara masing-masing yang terdiri atas:
  1. Kurator Jawa Tengah: Sosiawan Leak, Jumari HS, dan Mukti Sutarman Sp.
  2. Kurator Indonesia (minus Jawa Tengah): Ahmadun Yosi Herfanda, Chavchay Syaifullah, dan Kurnia Effendi.
  3. Kurator Malaysia: Mohamad Saleeh Rahamad (saleeh334@gmail.com).
  4. Kurator Filipina: Shirley O. Lua (dalam konfirmasi).
  5. Kurator Brunei Darussalam: Jefri Ariff (zefriariff@hotmail.com).
  6. Kurator Thailand: Mahroso Doloh (mahroso_doloh@yahoo.com).
  7. Kurator Singapura: Jamal Tukimin (djamal.tukimin@gmail.com).
  8. Kurator Timur Leste: Abe Barreto Soares (dalam konfirmasi).
Bagi penyair yang karyanya lolos kurasi (terpilih), akan diundang secara khusus oleh Panitia sebagai peserta PPN XI Kudus. Sementara yang belum mendapatkan kesempatan lolos, tentu harus tetap semangat. Sebab, sastra itu tidak sekadar pertemuan dan berhasil lolos dalam seleksi antologi puisi bersama. Seperti yang kami sampaikan di awal, sejarah mencatat bahwa sastra terus berkembang seiring pergerakan kehidupan manusia itu sendiri. Bergerak dan terus bergerak. Akhir kata, teruslah berkarya, selalu semangat, dan wassalam. (Admin)

Sumber informasi PPN XI: https://www.kawaca.com/2018/10/undangan-terbuka-ppn-xi-kudus-2019.html


Sumber foto: www.pixabay.com (gratis)


0 comments: