Friday, February 19, 2021

Legenda, Adakah yang Modern?



Kata legenda selalu dikaitkan dengan masa lampau. Ya, tergambar sebuah kehidupan pada masa yang sangat jauh ke belakang dari masa kini. Legenda hidup dari waktu ke waktu. Kehidupannya lebih banyak dituturkan dan saat manusia mengenal alat tulis, barulah dituliskan agar mudah dibaca banyak orang.

Legenda bisa dikatakan sebagai cerita rakyat pada zaman dahulu kala. Itulah sebabnya, pada masa kini ceritanya telah menjadi realitas sejarah masa yang telah lama. Meskipun demikian, kebenaran cerita yang diyakini oleh segolongan orang tertentu terjadi dalam setiap legenda tidak dapat dikatakan benar-benar nyata ada secara umum. Ada Kemungkinan bahwa tokoh, peristiwa, waktu kejadian, tempat, dan unsur lainnya, sebagian hanya ada dalam realitas alur ceritanya dan bukan realitas kehidupan sebenarnya di masyarakat. Dengan kata lain legenda merupakan sejarah koleksi tertentu saja atau bersifat folklor. 

Lalu, apakah legenda dapat diciptakan pada masa kini? 

Yah, mungkin bagi yang berminat membuatnya bisa jadi akan tercipta legenda-legenda baru. Akan tetapi, hingga saat ini yang muncul adalah karya-karya sastra mutakhir berupa cerita pendek, novel, dan naskah lakon. Kalaupun ada, hanyalah pengekor atau varian dari legenda yang sudah ada. Contohnya dalam video di bawah ini. 


Putri duyung bagi sebagian orang hanyalah fiksi. Sementara sebagian lagi meyakini kebenarannya dengan mendasarkan pada berita-berita yang dilaporkan para pelaut zaman dulu. Dalam video di atas, sebenarnya bentuk legenda Putri duyung dalam varian baru yang jauh dari cerita aslinya. 



0 comments: