Wednesday, February 17, 2021

Inspirasi, ke Manakah Harus Dicari?

Tidak jarang ketika hendak menulis, entah itu puisi, cerpen, novel, atau lainnya, seseorang terpikir apa yang akan dituliskannya. Jika dia pemula, sering kali terjebak pada pencarian tema yang bisa menjadi ruh dari tulisannya nanti. Apa pun yang penting ada temanya. 

Bagi orang yang sudah sering menulis pun kadangkala masih terpikir juga tema apa yang sedang hangat atau paling disukai masyarakat. Selain itu, ada juga yang begitu mudah menemukan tema dan lebih menitikberatkan pada bagaimana menyajikan tulisan yang disukai banyak orang. 

Sebenarnya tema ada di mana-mana. Bahkan kekosongan pun merupakan tema yang dapat dijadikan cerita. Misalnya tentang anak yang hidup dengan ketiadaan orang tua. Asalkan kita peka terhadap dunia sekitar, maka aktivitas menulis pun InsyaAllah lancar. Sebutlah di sebuah taman ada rumput yang tumbuh dengan subur. Rerumputan itu adalah inspirasi untuk menulis dengan tema semangat. Perhatikanlah rumput yang meski dipotong ribuan kali, tetap semangat tumbuh kembali. Begitulah idealnya hidup meskipun diterpa banyak masalah, haruslah terus semangat menjalaninya untuk memperoleh kebahagiaan sejati. 

Terkait dengan inspirasi ini, ke mana harus dicari? 

Kembali kepada hakikat kehidupan, kita tak dapat hidup sendirian. Makanan, minuman, termasuk inspirasi tentu adalah pemberian dari Allah swt. Dialah Sang Maha Pemberi. Maka, idealnya hal pertama ketika hendak menulis adalah dengan berdoa kepada-Nya. Yakinlah bahwa inspirasi akan didatangkan-Nya melalui banyak tempat, benda, dan sebagainya. Sebagai contoh, video di bawah ini menggambarkan inspirasi menulis dari dua gelas, yakni gelas kaca yang berisi air bening dan gelas logam berisi air kopi dengan masing-masingnya bertemakan cinta. 


Masih begitu banyak inspirasi lain dalam hidup ini untuk dijadikan penggerak jiwa ketika hendak menulis. Memperhatikan dan mengasah kepekaan diri terhadap dunia sekitar, adalah usaha ideal agar kita dekat dengan inspirasi-inspirasi tersebut. 


0 comments: