Sunday, January 17, 2021

Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Banjir



Hidup dan kehidupan tak lepas dari hukum-hukum yang berlaku secara tegas di alam nyata. Hukum kausalitas, misalnya, si A meninggal dunia karena serangan jantung. Atau, dapat kita saksikan daun mangga yang jatuh sampai di tanah sebagai contoh hukum gravitasi. Begitu pula banjir terjadi oleh sebab-sebab seperti penebangan hutan secara besar-besaran, penyempitan sungai, pendirian bangunan yang tidak ramah lingkungan, dan lain sebagainya.



Semua itu menjadi akar permasalahan yang harus dicabut jika ingin mengatasi banjir secara maksimal. Tentu saja mencabutnya bukanlah perkara mudah. Nah, sebagai langkah sederhana, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan saat banjir terjadi. 

Pertama, sampah. Agaknya setiap kali terjadi banjir, sampah menjadi gerbong utama yang tertarik oleh permasalahan alam ini. Betapa tidak? Air yang menggenang membuat sampah-sampah mengapung. Ditambah adanya arus air, maka sampah menyebar ke mana-mana. Bukan sekadar merusak pemandangan, sampah juga menjadi permasalahan tersendiri bagi korban banjir. Mulai dari gatal-gatal hingga penyakit yang lebih serius. Tak ada jalan lain, Anda harus mengatasinya jika tak ingin terdampak penyakit-penyakit seperti itu.

Kedua, barang-barang elektronik. Ini tidak hanya terkait listrik, air saat banjir dapat menyebabkan kerusakan barang-barang elektronik Anda. Segera pindahkan ke tempat aman. Seandainya sudah terlanjur basah, keringkan hingga benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali. 

Ketiga, tanaman. Meski ada tanaman yang tahan air, ada tanaman-tanaman yang sangat tidak tahan air. Sebutlah tanaman cabai, tomat, dan seledri. Untuk menyelamatkan tanaman-tanaman tersebut, Anda dapat meletakkan semuanya di tempat yang lebih tinggi. Jerigen, kursi, atau rak bunga menjadi pilihan yang dapat Anda gunakan sebagai upaya penyelamatan ini.

Keempat, alas kaki. Sandal atau sepatu Anda menjadi sasaran empuk oleh banjir. Bisa jadi sandal Anda larut terbawa arus banjir sampai jauh. Ada dua kemungkinan, tidak dapat ditemukan atau masih bisa menjadi alas kaki Anda. Maka, segera amankan di tempat yang semestinya.

Masih banyak lagi yang perlu Anda perhatikan saat banjir, khususnya kesehatan agar tidak sakit. Jaga daya tahan tubuh Anda dengan pola hidup sehat semisal tetap berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat. 


0 comments: