Friday, December 4, 2020

Luar Biasa: Presiden Dianugerahi Penghargaan Perintis Internasional



Tentu saja menjadi sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bagi rakyat mana pun jika sang presiden negara bersangkutan mendapatkan anugerah besar. Terlebih di tingkat internasional.

Dilaporkan Taiwan News, Jumat (4/12/2020) Dewan Pertukaran Legislatif Amerika menghormati Tsai Ing-wen untuk kepemimpinan, mendukung BTA Taiwan-AS

Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文) dianugerahi Penghargaan Perintis Internasional oleh Dewan Pertukaran Legislatif Amerika (ALEC), organisasi legislator negara bagian terbesar di AS, sebagai pengakuan atas kepemimpinannya.

Media itu menyebutkan bahwa Tsai menjadi pemimpin internasional kedua yang menerima penghargaan tersebut, setelah mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pada tahun 2006. Organisasi tersebut juga mengeluarkan resolusi yang mendesak pemerintah AS untuk mulai merundingkan perjanjian perdagangan bilateral (BTA) dengan Taiwan selama Negara dan Bangsa. Policy Summit, diadakan hampir pada 3--4 Desember.

“Saya berharap dapat membuat kemajuan dalam perjanjian perdagangan bilateral dengan Amerika Serikat, mitra dagang terbesar kedua kami dan sekutu keamanan terpenting,” kata Tsai melalui rekaman video. "Kesepakatan seperti itu akan semakin meningkatkan kemitraan ekonomi dan perdagangan kami yang erat, dan juga memperkuat dukungan Amerika untuk Taiwan dalam menghadapi intimidasi yang tak henti-hentinya dari seluruh Selat."

Mengutip Thatcher, Tsai berkata: "Ketika orang bebas memilih, mereka memilih kebebasan." “Sebagai presiden, peran saya adalah untuk melestarikan dan mempertahankan demokrasi, kebebasan, dan cara hidup Taiwan.”

"Saya tidak akan pernah berhenti mencari hubungan lintas selat yang damai dan stabil, saya juga tidak akan berkompromi ketika membuat keputusan yang diperlukan untuk menjaga keamanan Taiwan," kata presiden. Dia juga menegaskan kembali komitmen pemerintahannya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan, dan memerangi operasi disinformasi dan pengaruh jahat asing.

“ALEC dengan bangga mempersembahkan Penghargaan Perintis Internasional kepada Presiden Tsai atas kepemimpinan internasionalnya yang luar biasa,” kata Lisa B. Nelson, kepala eksekutif ALEC. “Presiden Tsai mendukung perjanjian perdagangan bebas bilateral, dan Presiden Tsai telah menyeimbangkan anggaran Taiwan untuk pertama kalinya dalam 22 tahun - sesuatu yang perlu diperhatikan oleh pemerintah AS.”

“Presiden Tsai dan rekan-rekannya telah dengan jelas menunjukkan dedikasi lama terhadap prinsip-prinsip pasar bebas, mendukung penyebab kebebasan dan kebebasan tidak hanya di Taiwan, tetapi di seluruh dunia,” kata Perwakilan Negara Bagian Texas Rick Miller, yang juga mengetuai ALEC Federalism and Satgas Hubungan Internasional.

Penghargaan Perintis Internasional diberikan kepada para pemimpin yang karirnya menunjukkan komitmen terhadap pasar bebas, prinsip-prinsip pemerintahan yang terbatas, menurut ALEC, organisasi legislator negara bagian non-partisan terbesar di Amerika. Penghargaan ini juga menghormati para pemimpin yang berdedikasi untuk melayani perjuangan kebebasan baik di negara mereka sendiri maupun di luar negeri.

Didirikan pada tahun 1973, ALEC mendukung pemerintah terbatas, pasar bebas, dan federalisme, dan mencakup legislator negara bagian yang konservatif dan perwakilan sektor swasta di antara para anggotanya. Kantor Kepresidenan mencatat bahwa organisasi tersebut telah mengeluarkan resolusi untuk mendukung Undang-Undang Perjalanan Taiwan, yang diterapkan pada tahun 2018, serta Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang merayakan ulang tahun ke-40 pada tahun 2019.


Sumber: Taiwan News


0 comments: