Thursday, October 29, 2020

WSJ: Di Indonesia, Pompeo Mendesak Muslim untuk Menantang Kebijakan Xinjiang China



"Mencari hubungan perdagangan dan investasi yang lebih dekat dengan Beijing, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia telah menahan diri dari kritik"


The Wall Street Journal (WSJ), Kamis (29/10/2020) menuliskan laporan lengkapnya berikut ini. 

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meminta warga Indonesia untuk mengambil sikap tegas terhadap perlakuan China terhadap etnis minoritas Muslimnya, berupaya untuk menggalang dukungan tentang masalah di negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia itu.

Mr Pompeo menyampaikan sambutannya kepada kelompok pemuda Muslim di negara Asia Tenggara pada hari Kamis. Itu adalah salah satu upaya paling langsung pemerintahan Trump untuk membujuk umat Islam untuk menantang Beijing tentang kebijakannya di Xinjiang, provinsi paling barat tempat kelompok hak asasi manusia mengatakan pihak berwenang telah menempatkan satu juta atau lebih sebagian besar Muslim Uighur di kamp-kamp pendidikan ulang.

“Saya tahu Partai Komunis China telah mencoba meyakinkan orang Indonesia untuk berpaling dari siksaan yang diderita sesama Muslim. Saya tahu para pejabat PKC yang sama ini telah membuat cerita fantastis tentang orang-orang Uighur yang bahagia, ingin membuang identitas etnis, agama dan budaya mereka untuk menjadi lebih 'modern' dan menikmati manfaat dari pembangunan yang dipimpin PKT, "kata Pompeo. “Ketika Anda mendengar argumen ini, saya hanya meminta Anda untuk melakukan ini: Selidiki hati Anda. Lihatlah faktanya, dengarkan kisah para penyintas dan keluarga mereka."

Di sebagian besar Asia Tenggara, posisi Washington yang semakin vokal di Xinjiang terlihat skeptis oleh para pejabat yang mengatakan mereka tidak ingin terseret ke dalam persaingan AS-China yang meningkat atau dipaksa untuk memihak. Indonesia, negara berpenduduk lebih daripada 260 juta orang, memiliki hubungan perdagangan dan investasi yang erat dengan China dan telah menandatangani kesepakatan untuk mengimpor jutaan dosis vaksin virus corona dari perusahaan China.

Itu adalah di antara banyak negara mayoritas Muslim yang para pemimpinnya menghindari memberikan tekanan serius pada Beijing atas Xinjiang.

China pada bagiannya telah berusaha untuk menumpulkan kritik internasional. Mereka meluncurkan kampanye sekitar dua tahun lalu untuk meyakinkan para pemimpin agama dan jurnalis Indonesia bahwa kamp-kamp tersebut, yang mereka sebut sebagai pusat pelatihan kejuruan, adalah upaya yang bermaksud baik untuk memberikan pelatihan kerja dan memerangi ekstremisme.

Pernyataan Pompeo berusaha untuk melemahkan kampanye Beijing.

"Partai Komunis China yang ateis telah mencoba meyakinkan dunia bahwa brutalisasi Muslim Uighur di Xinjiang diperlukan sebagai bagian dari upaya kontraterorisme atau pengentasan kemiskinan," katanya. “Kami tahu bahwa tidak ada pembenaran kontraterorisme untuk memaksa Muslim Uighur makan daging babi selama Ramadan, atau menghancurkan pemakaman Muslim.”

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar. China mengatakan pihaknya sepenuhnya melindungi hak asasi manusia dan agama semua etnis minoritas dan menyangkal ada kamp penahanan di Xinjiang.

Ketika ditanya tentang pernyataan Pompeo, juru bicara kementerian luar negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, merujuk pada pernyataan masa lalunya bahwa Indonesia telah mengungkapkan kepada China pentingnya melindungi dan mempromosikan hak-hak minoritas, termasuk komunitas Muslim di Xinjiang.

“Indonesia terus mendorong China untuk transparan dan mengizinkan akses ke Xinjiang, terutama bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengamati dan memahami perkembangan terkini di sana,” ujarnya.

Pompeo mengunjungi lima negara Asia dengan pesan yang mengkritik sikap China yang lebih tegas di wilayah tersebut. Dalam pidatonya di Roma bulan lalu, Pompeo mendesak Vatikan untuk menyerukan Beijing atas penganiayaan agama, dengan mengatakan "tidak ada kebebasan beragama yang diserang lebih daripada di China."

Pemerintahan Trump telah mempertajam retorikanya dan menurunkan diplomasinya terhadap China karena kedua negara semakin berselisih tentang masalah-masalah mulai dari penanganan pandemi virus korona hingga Hong Kong dan Laut China Selatan. Trump telah menjadikan sikap keras terhadap China sebagai bagian penting dari pesan kampanyenya, seperti yang dia lakukan pada tahun 2016.

Pompeo, mantan anggota Kongres Partai Republik dari Kansas, telah mengambil pendekatan yang berbeda dari beberapa diplomat top lainnya dengan menekankan agama dalam pembuatan kebijakannya dan berfokus pada seperangkat hak asasi manusia yang terkait dengan agama dan filosofi politik tradisional AS. “Sebagai seorang Kristen evangelis, iman saya menginformasikan bagaimana saya hidup, dan bekerja, dan berpikir,” katanya Kamis.

Kelompok Islam yang disampaikan Pompeo pada hari Kamis, Ansor, adalah sayap pemuda Nahdlatul Ulama, organisasi Muslim terbesar di Indonesia, yang dikenal mendukung toleransi beragama. Tetapi para pemimpin Nahdlatul Ulama telah mengambil posisi samar-samar di Xinjiang.

Dalam sebuah buku yang diterbitkan organisasi tersebut tahun lalu, pemimpinnya, Said Aqil Siroj, memperingatkan terhadap campur tangan pihak luar di Xinjiang, menyebutnya sebagai "masalah rumit yang terkait dengan kedaulatan pemerintah China." Ia berpesan agar para pengikutnya tidak hanya mengandalkan pemberitaan media massa atau televisi internasional untuk memahami situasi.

Mr. Siroj juga menulis bahwa jika masalah di Xinjiang terkait dengan hak-hak komunitas Muslim, maka "tentu saja itu harus menjadi perhatian kita semua."

Aaron Connelly, seorang peneliti yang berbasis di Singapura di Institut Internasional untuk Kajian Strategis, sebuah wadah pemikir, menyebut pidato Pompeo berisiko. "Di satu sisi, Pompeo memiliki kepentingan untuk memperkuat pelanggaran di Xinjiang, tetapi di sisi lain dia tidak ingin membuat kelompok seperti Nahdlatul Ulama offside," katanya.

“Dan ini adalah titik ketidaksepakatan yang jelas antara Pompeo — dan harus dikatakan sebagian besar dunia Barat — dan Nahdlatul Ulama,” katanya, merujuk pada tindakan China di Xinjiang.

China telah melobi tokoh agama Indonesia, termasuk mereka yang berasal dari Nahdlatul Ulama, sebagian dengan mengajak mereka berkeliling Xinjiang dan fasilitas pendidikan ulangnya, Journal melaporkan tahun lalu. Beberapa dari mereka yang mengikuti tur mengambil sikap ramah Beijing sesudahnya, tetapi perwakilan dari organisasi mereka kemudian menyangkal bahwa jangkauan China telah membujuk mereka.

Dari 39 negara yang menandatangani surat Oktober yang disampaikan di Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengungkapkan keprihatinan atas laporan pelanggaran HAM berat di Xinjiang, hanya dua — Albania dan Bosnia dan Herzegovina — yang beragama Islam berat.


Sumber: WSJ


0 comments: