Sunday, August 9, 2020

Taipan Media Hong Kong Ditangkap Setelah Departemen Keuangan AS Menjatuhkan Sanksi kepada Pejabat Hong Kong


Siapa yang tidak tahu Jimmy Lai? Taipan media di Hong Kong, sang pendiri surat kabar Apple Daily, ditangkap Senin (hari ini).

Selain dirinya, putra-putranya dan beberapa eksekutif dari grup medianya juga ditangkap.

Mengutip The Washington Post, Senin (10/8/2020) Lebih daripada 200 polisi memasuki kantor Next Digital yang merupakan perusahaan induk dari Apple Daily, outlet berita pro-demokrasi yang mengkritik Beijing yang didirikan Lai pada 1995. 

Sebagian pihak menganggap bahwa penangkapan tersebut menandai awal dari berakhirnya Hong Kong sebagai daerah kantong kebebasan berbicara di Cina.  

Peristiwa dramatis tersebut juga menandai penggunaan paling tajam dari undang-undang keamanan baru oleh pihak berwenang. Sekaligus sebuah ancaman terhadap aktivis dan jurnalis pro-demokrasi di Hong Kong, yang sebenarnya kebebasan pers seharusnya menikmati perlindungan konstitusional.

Jika dikaitkan dengan waktu sebelumnya, penangkapan itu terjadi setelah Departemen Keuangan AS pekan lalu menjatuhkan sanksi kepada Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, dan 10 pejabat lainnya, termasuk utusan Beijing di kota itu, komisaris polisi dan pendahulunya. Alasan menjatuhkan sanksi itu adalah, karena para pejabat tersebut  menguras kebebasan politik di Hong Kong. 

Kata seorang jurnalis di Apple Daily, yang berbicara tanpa menyebut nama karena khawatir akan keselamatan mereka, "Penangkapan ini tentang balas dendam. Mereka menargetkan kami, outlet media yang paling vokal menentang pemerintah Hong Kong dan Beijing."  

Seorang jurnalis senior di Apple Daily, juga meminta anonimitas untuk melindungi keselamatan mereka, menambahkan bahwa menangkap Lai hanyalah "langkah pertama".

“Menutup Apple Daily dan mengancam organisasi media lain adalah tujuannya - agar tidak ada yang berani mengungkapkan kebenaran pada akhirnya. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ini adalah akhir dari kebebasan pers Hong Kong,” kata orang tersebut.


0 comments: