Wednesday, June 3, 2020

Google Hapus Aplikasi "Remove China Apps", Apa Alasannya?






Belakangan ini banyak pihak yang merasa dirugikan oleh Republik Rakyat Cina (RRC) berusaha memboikot produk dari negeri tirai bambu itu.

Salah satunya di India. Seperti terlansir Reuters, Rabu (3/6/2020) banyak orang India dan juru bicara partai yang berkuasa Perdana Menteri Narendra Modi telah menggunakan tagar #BoycottChineseProducts di media sosial, menyerukan penghapusan aplikasi populer Cina.

Upaya mereka tidak main-main. Mereka membuat sebuah aplikasi bernama "Remove China Apps". Aplikasi Hapus China Apps ini mampu memindai ponsel pengguna untuk aplikasi seperti ByteDance TikTok, dan UC Browser Alibaba. Setelah dihapus, sebuah pesan muncul dengan mengatakan "Kamu luar biasa, tidak ada aplikasi China yang ditemukan."

Dikatakan bahwa OneTouch AppLabs lah yang mengembangkan aplikasi itu.

Dan, dilaporkan media yang sama, Google Alphabet Inc telah menghapus aplikasi seluler India tersebut dari toko aplikasi. Lalu apa alasannya?

Aplikasi itu dinilai melanggar kebijakan perusahaan tertentu, kata seorang juru bicara, Rabu.

Aplikasi, "Hapus Aplikasi China", telah menjadi aplikasi gratis ber-tren teratas di toko aplikasi seluler Google di India dengan lebih dari lima juta unduhan sejak akhir Mei. Popularitasnya meningkat di tengah seruan untuk memboikot aplikasi ponsel Cina di India selama sengketa perbatasan Himalaya antara kedua negara.

Sementara itu pihak OneTouch AppLabs tidak menanggapi permintaan komentar. Di situs webnya dikonfirmasi aplikasi telah dihapus dan berterima kasih kepada pengguna atas dukungan mereka.

0 comments: