Friday, June 19, 2020

Ada Kasus Impor Baru Covid-19 di Thailand dari Arab Saudi, Berapa Jumlah Rincinya?





Pandemi global COVID-19 belum berakhir. Dalilnya sederhana bahwa masih terdapat kasus virus mematikan tersebut di dunia ini. Dan, tentu saja beranjak dari situ, maka penerapan new normal sungguh sangat jauh dari realitas di lapangan dan sangat berisiko bagi masyarakat.

Bukti kasus baru virus asal Wuhan ini adalah seperti terlansir Anadolu Agency (19.06.2020) Thailand melaporkan lima kasus baru Covid-19 pada Jumat, seluruh pasien adalah siswa yang baru kembali dari Arab Saudi.

Juru bicara penanganan Covid-19 pemerintah Thailand, Taweesilp Visanuyothin, mengatakan kelimanya adalah laki-laki berusia 23--26 tahun, kutip The Bangkok Post yang disiarkan media tersebut.

Dikabarkan, mereka kembali ke Thailand pada 12 Juni dengan penerbangan yang sama. Selasa lalu, mereka dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, meski tidak menunjukkan gejala. Kini kelimanya menjalani masa karantina di Bangkok.

Masih dari sumber yang sama, sebelumnya, ujar Taweesilp, 10 penumpang lain dari penerbangan yang sama dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Penerbangan itu mengangkut total 195 penumpang.

Taweesilp mencatat dari 274 warga negara Thailand yang kembali dari Arab Saudi, 33 atau 12 persen di antaranya terinfeksi Covid-19. Ini merupakan tingkat infeksi impor tertinggi kedua setelah Kuwait sebanyak 19,5 persen.

Mengutip media itu, dengan penambahan itu, kini kasus Covid-19 bertambah menjadi 3.146. Sebanyak 3.008 di antaranya telah pulih dan dipulangkan, sementara 86 pasien masih dirawat di rumah sakit.

0 comments: