Thursday, May 7, 2020

Tragis! Cina Bungkam Korban yang Selamat dari Virus Corona Wuhan Beserta Keluarga Mereka!





Wuhan adalah tempat pertama munculnya virus Corona jenis baru pada 2019 lalu. Begitu banyak korban yang tewas, dan sebagiannya selamat dari terjangan virus ganas yang dikenal dengan COVID-19 itu.

Dikabarkan Fox News, Kamis (7/5/2020), Partai Komunis Cina telah meluncurkan kampanye untuk membungkam korban (dari COVID-19) yang selamat dan keluarga yang telah kehilangan orang yang dicintai selama pandemi. Kampanye ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengendalikan narasi seputar wabah di Wuhan.

Tindakan keras terhadap korban COVID-19 dan keluarga yang berduka sangat parah di Wuhan, di mana pejabat pemerintah telah menggunakan sensor online, interogasi polisi, menutup kelompok pendukung, dan bahkan mengancam pengacara yang mewakili korban COVID-19 tersebut.

Para pejabat di Wuhan, pusat penyebaran virus Desember lalu, memaksa mereka diam dengan membayar keluarga sekitar $ 420 untuk setiap kerabat yang hilang akibat pandemi. Ini selain menawarkan diskon untuk layanan kremasi dan penguburan.

Masih dari sumber yang sama, dihadapkan dengan meningkatnya kecaman internasional dan meningkatnya tuntutan akan kompensasi dari Cina atas penanganan awal virus tersebut, Partai Komunis Cina telah berusaha untuk membuat para pelayat diam. Keluarga-keluarga Cina yang kerabatnya meninggal telah meminta jawaban dari pemerintah tentang apa yang salah di Wuhan. Tetapi jika kesedihan publik terus tersembunyi, amnesia kolektif tentang wabah dapat dibentuk, lebih lanjut memungkinkan Partai Komunis Cina untuk memutar narasi.

Sebutlah contohnya tujuh warga Wuhan yang telah berkorespondensi dengan aktivis Yang Zhanqing yang bermarkas di New York selama berminggu-minggu, merencanakan tuntutan hukum terhadap pemerintah Cina, semuanya berubah pikiran atau berhenti merespons pesan pada akhir April, menurut laporan New York Times.

Selain itu, ada lagi seorang wanita yang awalnya mengatakan dia ingin menuntut setelah ibunya meninggal karena COVID-19 setelah diduga ditolak dari beberapa rumah sakit di Wuhan. Lalu yang lain lagi mengklaim ayah mertuanya tewas dalam karantina.

Dan, apa yang terjadi kepada keduanya?

Setidaknya dua dari mereka yang meminta bantuannya mengambil tindakan hukum terhadap pemerintah Cina telah diinterogasi oleh polisi.

Dalam hal korban dan keluarga korban ini, Cina khawatir komunitas internasional akan tahu seperti apa situasi sebenarnya di Wuhan dan pengalaman sebenarnya dari keluarga di sana.

Propaganda yang dijalankan oleh media pemerintah Cina menyoroti upaya sistem otoriter di kemudian hari untuk mengendalikan krisis kesehatan masyarakat di negara itu. Sementara itu, sensor pemerintah telah menghapus artikel online yang meneliti upaya pejabat untuk menahan virus pada tahap awal wabah. Bulan lalu, tiga sukarelawan di Terminus204, sebuah proyek online untuk mengarsipkan artikel berita yang disensor tentang wabah, menghilang di Beijing.

Mengutip media itu, mereka yang meninggal akibat COVID-19 di Cina disebut sebagai martir (orang yang rela mati), bukan sebagai korban, dalam laporan media Cina. Dan kritikus domestik yang meminta perhatian pada upaya awal pemerintah untuk menutupi keparahan wabah di Wuhan dilemparkan sebagai boneka

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya Partai Komunis Cina telah membungkam para pelayat apa pun selama bertahun-tahun dalam upaya untuk menahan kritik.

Misalnya, pembayaran diam-diam ditawarkan kepada orang tua yang kehilangan anak-anak akibat gempa bumi 2008 di Provinsi Sichuan Cina, yang menewaskan sedikitnya 69.000 orang.

Contoh lain, pada 201, kerabat diblokir dari mengunjungi lokasi kecelakaan di kota Wenzhou, tempat dua kereta berkecepatan tinggi bertabrakan dan menewaskan sedikitnya 40 orang dan melukai hampir 200 lainnya.

Begitu pula setiap Juni, pada peringatan insiden 1989, polisi membungkam anggota keluarga para pengunjuk rasa yang tewas dalam demonstrasi bersejarah pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen.

Pembantaian massa demonstrasi oleh pemerintah Cina di Lapangan Tiananmen tersebut sangatlah  kejam.

0 comments: