Friday, May 29, 2020

Presiden Turki Peringati Para Pahlawan di Balik Penaklukan Istanbul



Sumber Akun Twitter resmi Presiden Recep Tayyip Erdogan


Hari ini adalah hari bersejarah bagi Turki. Seperti terlansir Anadolu Agency, Jumat (29/05/2020) Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada hari Jumat (hari ini) menandai peringatan ke-567 penaklukan Istanbul, yang terjadi pada 29 Mei 1453.

"Saya mengucapkan selamat kepada peringatan 567 Penaklukan Istanbul, salah satu kemenangan paling spektakuler dalam sejarah, yang menutup satu era dan memulai era lain. Saya memperingati semua pahlawan kita, yang telah menjadikan tanah ini rumah bagi kita, terutama Fatih Sultan Mehmed Khan (Mehmed the Conqueror), dengan belas kasihan, rasa terima kasih, dan rasa hormat," kata Erdogan di Twitter.

Erdogan juga berbagi foto dengan Hadits - perkataan Nabi Muhammad - yang memuji komandan dan tentara yang akan menaklukkan Istanbul.

Mehmed II, kaisar Utsmaniyah yang mendapat kehormatan menaklukkan Istanbul dan dengan demikian mendapatkan gelar "penakluk", baru berusia 21 tahun ketika ia mengirim Romawi Timur atau Kekaisaran Bizantium ke halaman sejarah yang berdebu dan menaikkan negara Turki menjadi sebuah negara Turki. Kerajaan yang akan memerintah daerah di berbagai benua selama berabad-abad yang akan datang.

Mengutip media itu, dikatakan bahwa penaklukan Istanbul adalah kemenangan paling terkenal dari Mehmed sang Penakluk, tetapi pada tahun-tahun berikutnya ia juga memastikan kontrol Ottoman atas Serbia, Morea, Trebizond (Trabzon modern) di wilayah utara Turki modern, serta Bosnia, Albania, dan beberapa wilayah Anatolia (Turki tengah).

Dalam lebih dari dua lusin kampanye militer selama masa pemerintahannya, kaisar berhasil menaklukkan sebagian besar wilayah, meningkatkan kontrol Utsmani menjadi lebih dari 2,2 juta kilometer persegi (1,4 juta mil persegi).

0 comments: