Monday, May 4, 2020

Negeri Para K-POP Laporkan Tidak Ada Kasus Virus Lokal Baru! Kegembiraan bagi Penggemarkah?




Korea Selatan bukan hanya dikenal sebagai negeri ginseng, tetapi juga sebagai negeri para K-POP yang digemari jutaan orang di banyak negara. Ya, Super Junior, SNSD, BTS, Black Pink, dan lainnya merupakan gelombang besar Korea Selatan seperti halnya Hong Kong kala bersinar terang era '80-an dulu.

Menghadapi virus Corona asal Wuhan atau Pneumonia Wuhan yang dikenal pula dengan COVID-19, negeri itu cepat tanggap. Meski tidak sampai pada taraf lockdown, kegesitan dan keuletan mereka mampu mengatasi virus dengan sangat baik.

Dikabarkan Yonhap News Agency, pada 21:13 waktu setempat (WIT), 04 Mei 2020, Korea Selatan melaporkan ada delapan kasus virus corona baru pada hari Senin, tetapi semuanya datang dari luar negeri (bukan kasus infeksi virus lokal).

Itulah sebabnya, negara itu akan semakin mempermudah pedoman jarak sosial yang telah berlangsung berbulan-bulan, termasuk membuka kembali sekolah.

Penghitungan terakhir menandai hari ketiga bahwa negara tersebut tidak melaporkan infeksi virus yang ditularkan secara lokal, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (Korea Centers for Disease Control and Prevention disingkat KCDC) yang dikutip media itu.

Pada 30 April, negara itu melaporkan tidak ada kasus virus lokal tambahan untuk pertama kalinya dalam 72 hari. Pada hari Sabtu, tidak ada kasus virus dalam negeri.

Perlambatan dalam infeksi baru mendorong negara untuk mengakhiri kampanye jarak sosial 45 hari dan beralih ke skema karantina kehidupan sehari-hari mulai hari Rabu.

Meski demikian, Direktur Jenderal KCDC, Jeong Eun Kyeong, mengatakan, "Pandemi COVID-19 tidak akan berakhir dalam waktu singkat, dan diperkirakan akan berlanjut secara global."

Ia mendesak orang untuk mematuhi pedoman yang direkomendasikan pemerintah.

Masih dari sumber yang sama, Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengatakan akan meninjau kembali pembukaan taman kanak-kanak lebih hati-hati, dengan alasan bahwa anak-anak kecil lebih rentan terhadap COVID-19.

"Kita harus mendekati masalah pembukaan taman kanak-kanak lebih konservatif," Wakil Menteri Kesehatan Kim Ganglip, mengatakan kepada wartawan sebelumnya.

Mengutip media itu, Korsel dengan populasi sekitar 50 juta, telah menguji 633.921 orang sejak 3 Januari, termasuk 2.948 tes yang dilakukan sehari sebelumnya.

Daegu, wilayah yang dilanda virus terburuk di negara itu yang terletak 300 kilometer tenggara Seoul, tidak menambahkan kasus. Kota ini menyumbang 64 persen dari total COVID-19 kasus nasional.

Namun, KCDC mengatakan kasus COVID-19 baru yang rute infeksi-nya belum diidentifikasi terkelompok di Daegu.

"Ini mengkhawatirkan bahwa tujuh dari 10 pasien dalam dua minggu terakhir yang rute infeksi-nya belum diidentifikasi berasal dari Daegu," kata Kim.

Lebih lanjut Kim mengatakan jumlah itu menunjukkan bahwa masih mungkin bahwa ada sekelompok pasien yang belum terdeteksi oleh otoritas kesehatan, menunjukkan bahwa masih ada sumber infeksi di masyarakat.

Otoritas kesehatan mengatakan mereka tetap waspada selama liburan yang berlangsung hingga Selasa, karena banyak warga bepergian di seluruh negeri di tengah pembatasan perjalanan ke luar negeri.

Mereka telah berulang kali memperingatkan kemungkinan gelombang kedua infeksi, dengan mengatakan bahwa pelonggaran sosial yang berkurang dapat menyebabkan peningkatan kasus baru.

Nah, lalu bagaimana perasaan penggemar K-POP?

0 comments: