Monday, May 4, 2020

Ingin Tahu Bagaimana Orang Tua Saudi Membantu Anak-Anak Mereka Berpuasa Selama Ramadhan?



Sumber Arab News


Anak adalah cerminan kedua orang tuanya. Begitulah yang sering disampaikan banyak orang. Ibarat ungkapan lama, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Tetapi, satu hal yang lebih penting. Ialah kasih sayang orang tua kepada anaknya, baik dalam doa yang baik, maupun dalam wujud-wujud lainnya.

Bahkan, ketika marah kepada anak sekalipun diusahakan kata-kata yang keluar dari mulut orang tua kepada anaknya adalah perkataan baik, semisal, "Semoga engkau menjadi Imam Besar Masjidil Haram!"

Bicara masjid teragung itu, tentu tak bisa dilepaskan dari Arab Saudi. Nah, bicara anak dan orang tua, bagaimana orang tua Saudi membantu anak-anak mereka berpuasa selama Ramadhan?

Seperti terlansir Arab News, Selasa (5/5/2020) sebagai salah satu dari lima rukun Islam, puasa adalah bagian penting dari sebagian besar rumah tangga Saudi dan Muslim. Anak-anak kecil mengambil tindakan keagamaan oleh orang tua yang memimpin dengan memberi contoh, menjadikannya sebagai kebiasaan alih-alih rezim keluarga yang dipaksakan.

“Saat tumbuh dewasa, diketahui bahwa anak-anak meniru orang tua mereka dan orang-orang di sekitar mereka; mereka meniru ucapan, tindakan, kebiasaan makan, dan puasa adalah hal lain yang mereka lakukan ketika mereka melihat orang tua mereka, dan kemudian teman sekelas dan guru berpuasa,” Amal Turkistani, seorang ibu dari lima anak, mengatakan kepada Arab News.

Anak-anak menginginkan penerimaan sosial sejak usia dini, mereka mencari pujian dan ingin mengesankan orang dewasa di sekitar mereka, tambah Turkustani. “Mereka ingin diperlakukan sebagai orang dewasa. Tindakan ini mengatakan: 'Saya bukan anak kecil, saya bisa berpuasa seperti kalian'. ”

Turkistani memiliki empat putri dan satu putra. Dia berkata bahwa dia tidak harus mengajar atau memerintahkan mereka untuk berpuasa, mereka hanya mengajukan pertanyaan dan mengumumkan kapan mereka siap untuk memulai.

"Dari sana, Anda perlahan-lahan memudahkan mereka ke dalamnya. Anak saya, yang berusia 12 tahun, sangat keras kepala - ketika dia berusia sekitar 6 tahun, dia berkata dia ingin berpuasa dan saya katakan kepadanya dia bisa mencobanya. Kami pergi pada periode satu jam per hari, kemudian beberapa jam, kemudian setengah hari, kemudian secara bertahap sehari penuh seiring dengan berlalunya waktu,” kata Turkistani.

Umat Muslim hanya wajib berpuasa selama bulan Ramadhan, itu adalah peribadahan Islam yang paling mudah bagi anak-anak, katanya, karena periode komitmennya sangat singkat. Turkistani memperhatikan pola itu pada semua anak-anaknya. Mereka menemukan bahwa berpuasa sebulan lebih mudah daripada sholat lima kali sehari sepanjang tahun.

Masih dari sumber yang sama, Hanadi Al-Maghrabi, seorang ibu berusia 42 tahun dari Jeddah, mencoba metode yang sama dengan putrinya yang berusia 8 tahun. “Saya tidak ingin memaksanya, jadi saya serahkan saja kepadanya, tetapi ketika dia datang dan bertanya kepada saya tentang puasa dan bagaimana cara kerjanya, saya mengusulkan dia mencoba puasa pada akhir pekan sehingga dia tidak memaksakan dirinya,” ujarnya.

Layal Hassan, seorang ibu dari anak kembar, mengatakan sistem puasa intermiten atau berjeda bekerja efektif untuk putra-putranya.

“Anak-anak lelaki saya mulai secara bertahap, dan yang sangat membantu adalah mereka berpuasa setiap hari. Sejak awal, orang tua harus bersikap lunak dan tidak membuat anak-anak mereka bersalah, ”kata Hassan, mencatat bahwa pendekatan yang keras akan membuat anak-anak tersentak dari praktik keagamaan.

Mengutip media itu, Ramadhan diikuti oleh Idul Fitri untuk merayakan akhir bulan puasa, dan dalam hal itu, banyak anak mengasosiasikan pesta sebagai sistem penghargaan untuk bertahan selama bulan tersebut.

"Setiap Idul Fitri, anak-anak mendapatkan tunjangan uang (dikenal sebagai Eidiya) untuk penyelesaian Ramadhan dari anggota keluarga, bahkan terkadang keluarga besar. Bagi mereka, itu hadiah untuk puasa," kata Turkistani.

Anak-anak juga dapat termotivasi dengan mudah sepanjang hari, dengan sistem hadiah yang lebih kecil selama bulan suci. Al-Maghrabi akan meninggalkan permen untuk putrinya setelah setiap berbuka puasa.

0 comments: