Sunday, May 10, 2020

Dapatkan Pengalaman Realitas Virtual ke dalam Masjidil Haram Selama Ramadhan!


YouTube via Arab News


Virus Corona jenis baru asal Wuhan yang telah menjadi pandemi global membuat banyak negara menutup tempat-tempat penting. Meskipun telah dibuka, misalnya, beberapa tempat belum kembali seperti sediakala.

Seperti terlansir Arab News, Minggu (10/5/2020) Makkah hanya akan memungkinkan ulama untuk menghadiri sholat Taraweeh secara pribadi.

Tetapi, dalam media itu, dikatakan bahwa umat Islam akan dapat secara digital menghadiri ibadah berkat “Wahi,” melalui pengalaman realitas virtual yang dapat membawa orang-orang ke Makkah dari rumah mereka.

Ya film berdurasi sembilan menit ini dibuat menggunakan rig kamera VR: enam kamera mengarah ke segala arah. Rekaman itu kemudian diedit bersama untuk memberikan pandangan 360 derajat selama proses pasca produksi yang menantang.

"Kacamata realitas virtual memberi Anda pengalaman kunjungan secara penuh," Almotaz Aljefri, sutradara film Saudi, mengatakan kepada Arab News. "Anda bisa pergi ke segala arah, mengangkat kepalamu atau mengubahnya dengan benar. Ini memberi Anda lebih banyak informasi daripada video biasa. "

Mengutip media itu, para kru menerima dukungan dari Pemerintah Saudi, memberi mereka akses ke Makkah, serta penggunaan drone dan helikopter.

Film, yang dibuat berdampingan dengan Pusat Media Baru di Kementerian Kebudayaan dan Informasi, tersedia di YouTube, dengan alamat https://www.youtube.com/channel/UCfjqfAVqdMzboTck0DpenYA.

"Kami terkejut bersama dengan staf yang pandangannya mencapai bulan lalu lebih dari 8 juta dan kami menemukan bahwa alasannya pasti karena coronavirus, film tersebut telah memberikan kesempatan kepada banyak orang yang sekarang tidak dapat pergi ke Masjidil Haram di Makkah, untuk mengunjunginya melalui teknologi ini, ”kata AlJafri.

"Saya percaya bahwa" Wahi "akan memungkinkan Anda untuk melakukan semua ritual Anda di bulan Ramadhan dari rumah Anda.

"Anda dapat mengenakan kacamata untuk melihat dan berkeliling Masjidil Haram dan ada juga landmark bersejarah dan bahkan orang-orang yang mengunjungi Masjidil Haram secara pribadi mereka mungkin merasa sulit untuk mendekati tempat-tempat tertentu seperti Batu Hitam, daerah pengelakan, Anda sekarang dapat dengan mudah berkeliaran di sekitar itu sesuai keinginan dan kapan saja. "

Tunggu apa lagi? Yuk dapatkan pengalaman realitas virtual ke dalam Masjidil Haram selama Ramadhan!

0 comments: