Saturday, April 11, 2020

Prihatin, Penulis "Wuhan Lockdown Diary" Dianiaya oleh 'Ekstrim Kiri' China

Sumber RFA

Mungkin akan banyak orang yang ingin tahu kebenaran yang terjadi di Wuhan saat kota itu dalam masa lockdown. Akan tetapi, akankah kebenaran itu dapat diketahui dengan mudah? Terutama olah banyak orang di jagat ini?

Diberitakan dalam RFA, Jumat (10/4/2020), seorang penulis yang akan menerbitkan buku hariannya tentang waktunya di bawah penguncian (lockdown) COVID-19 di Kota Wuhan telah menjadi sasaran meluasnya penyalahgunaan dan kritik daring dari tokoh-tokoh media utama.
Wang Fang, yang menggunakan nama pena Fang Fang, telah memposting akunnya tentang kehidupan sehari-hari selama penguncian Wuhan di media sosial, telah menarik pelecehan dari "kaum muda yang marah"  dan elit Partai Komunis China yang berkuasa.

"Saya menjadi sasaran pelecehan atas semua yang saya katakan sekarang," tulis Fang Fang di platform media sosial Weibo. "Saya benar-benar mendapat pelajaran tentang kekerasan daring."

"Ekstrim kiri benar-benar kuat," tulisnya, membandingkan serangan terhadapnya dengan gejolak politik Revolusi Kebudayaan (1966-1976).

"Hal tersebut seperti virus itu sendiri, yang menyebar dari orang ke orang."

Mengutip RFA, Fang Fang mulai menulis buku hariannya pada 25 Januari, yakni hari ke 3 dari penutupan kota yang menyebabkan jutaan orang terkurung di rumah mereka.

Dia berbicara tentang teman-teman dan keluarganya, betapa tidak nyamannya mengenakan masker, dan kematian pasien virus korona jenis baru, serta orang-orang yang berkerumun untuk mengolok-olok kritik nasionalisnya di platform Maoist.
Catatannya Itu diperbarui hampir setiap hari sampai 24 Maret, ketika dia menyelesaikannya dengan kata-kata "Aku telah berjuang untuk yang terbaik."

"Tanpa dorongan mereka," ia menulis tentang kritiknya, "seseorang yang malas seperti saya mungkin akan membiarkan waktu berlalu lebih banyak sebelum menulis (buku harian itu)."

Buku Harian Wuhan akan diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Harper Collins pada bulan Agustus, diterjemahkan oleh Michael Berry, menurut halaman pre-order di Amazon.com.

"Di sebuah negara di mana pihak berwenang menggunakan teknologi untuk memonitor warganya secara ketat dan mengontrol media dengan ketat pula, penulis sering menyensor diri sendiri," kata iklan promosi itu.

"Namun kenyataan nyata dari situasi yang menghancurkan ini mendorong Fang Fang untuk berani berbicara menentang ketidakadilan sosial, korupsi, pelecehan, dan masalah politik sistemik yang menghambat respon terhadap epidemi," katanya, menambahkan bahwa sensor Partai Komunis China yang telah dihapus telah menghapus sejumlah besar postingan Fang Fang.
Buku harian itu juga akan berisi pelajaran berharga bagi negara-negara dan kota-kota lain melalui apa yang dilakukan Wuhan, menurut penerbit buku itu.

"Ketika Fang Fang mendokumentasikan awal krisis kesehatan global dalam waktu nyata, dia menjelaskan berapa banyak negara yang berurusan dengan pandemi COVID-19 yang telah mengulangi pola dan kesalahan yang sama," katanya.

Sementara itu, wartawan politik veteran, Gao Yu, mengatakan jumlah vitriol (kata-kata tajam) yang tersampir di arah Fang Fang merupakan bukti keaslian tulisannya.

Dan dia mengutip penulis yang mengatakan bahwa pihak berwenang tidak akan pernah mengizinkan Buku Harian Wuhan diterbitkan di China (RRC), di mana pemerintah mengontrol semua aspek ekspresi publik.

"Mereka tidak akan mengeluarkan buku saya di China, jadi mengapa saya tidak pergi ke luar negeri," kata Gao mengutip Fang Fang dalam sebuah tweet baru-baru ini. "Banyak penulis China telah menerbitkan di luar negeri. Ini normal."
Selanjutnya, Penulis Du Du yang berbasis di Guangdong mengatakan reaksi terhadap Fang Fang menunjukkan betapa sedikitnya kebebasan berbicara di Cina.

"Pihak berwenang ingin memberantas gagasan asal China atau tanggung jawab resmi untuk pandemi COVID-19 dari sejarah dan opini publik," kata Ye kepada RFA. "Itu sebabnya sulit menulis seperti Fang Fang untuk menemukan tempat dalam wacana publik."

Wang Fang lulus dari departemen Cina di Universitas Wuhan. Dia mengetuai Asosiasi Penulis Hubei dari 2007 hingga 2018, dan memenangkan Penghargaan Sastra Lu Xun yang bergengsi pada 2010.

0 comments: