Thursday, April 2, 2020

Mawid, Aplikasi Ponsel Pintar Arab Saudi yang Menawarkan Penilaian Mandiri COVID-19

Sumber Arab News

Mengimplementasikan transformasi digital melalui teknologi di bidang-bidang kehidupan agaknya memang idealnya dilakukan. Termasuk pula dalam dunia kesehatan.

Mengutip Arab News, Jumat (3/4/2020), Kementerian Kesehatan Saudi telah memperkenalkan fitur penilaian diri pada aplikasi ponsel pintar Mawid di tengah wabah global penyakit coronavirus (COVID-19), yang menawarkan jendela konsultasi untuk publik.

Seperti terlansir media itu, fitur ini mencakup daftar pertanyaan, pedoman, dan instruksi berdasarkan riwayat perjalanan terakhir pengguna dan gejalanya.

"Yang penting, jika Anda mencurigai Anda memiliki gejala COVID-19, silakan unduh aplikasi Mawid dan gunakan alat penilaian sendiri untuk mendapatkan panduan," kata Menteri Kesehatan Saudi Dr. Tawfiq Al-Rabiah.

Layanan konsultasi telah disediakan untuk setengah juta orang oleh Kementerian Kesehatan dan sekitar 250.000 tes penilaian sendiri telah dilakukan melalui aplikasi Mawid. Aplikasi Mawid tersedia untuk Android dan iOS.

Masih dari sumber yang sama, Mawid juga membantu pengguna memesan janji temu di 2.400 pusat perawatan kesehatan di Kerajaan. Layanan yang disediakan oleh Mawid tidak dikenai biaya. Setelah pengguna mengunduh aplikasi, mereka harus masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Absher. Kemudian pengguna akan dibawa ke jendela lain dan akan diminta untuk mengisi informasi yang diperlukan, di mana mereka akan dapat melihat spanduk penilaian diri yang membawa mereka ke survei.

Ketika pengguna telah menyelesaikan penilaian, mereka akan menerima panduan sesuai dengan gejalanya.

Disebutkan, seorang ekspatriat Pakistan, Talha Mohammad, telah menggunakan aplikasi ini untuk memesan janji temu untuk vaksinasi putranya. "Ini adalah aplikasi yang sangat bagus, dan mudah digunakan," katanya, menambahkan: "Bagian terbaiknya adalah mereka mengirimi Anda pengingat berulang kali yang sempurna karena saya kesulitan mengingat janji temu."

Selanjutnya, warga negara Saudi, Fatimah Ahmed menggunakan aplikasi untuk penilaian mandiri COVID-19 dengan bantuan putri sulungnya. “Kami melalui proses penilaian diri, menjawab pertanyaan yang diberikan dan diberi tips untuk diikuti.”

Dia diberitahu untuk yakin dan mengunjungi panduan COVID-19 kementerian untuk informasi lebih lanjut. “Ini adalah alat yang bagus untuk fitur-fitur lain, seperti janji pemesanan dan yang lainnya.

0 comments: