Tuesday, April 21, 2020

Giliran Jepang Ajukan Protes terhadap China, Ada Apa?


Sumber The Japan Times

China daratan atau Republik Rakyat China terkesan terus menciptakan ketegangan dengan negara-negara lain di sekitarnya.

Setelah Filipina, Vietnam, dan sebagian negara di kawasan Asia Tenggara, kini giliran Jepang dibuat marah oleh China dan mengajukan protes kepada negeri tirai bambu itu.

Apa yang terjadi?

Dilaporkan The Japan Times, Rabu (22/4/2020), Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi, mengajukan protes pada Selasa terhadap China yang mengirim kapal pemerintahnya ke perairan teritorial Jepang dekat Kepulauan Senkaku di Laut China Timur.

Dalam laporan itu dikatakan bahwa kapal-kapal China daratan telah menyusup ke perairan dekat pulau-pulau yang dikuasai Jepang sebanyak tujuh kali pada tahun ini. Dan, yang paling baru adalah pada Jumat lalu ketika empat kapal penjaga pantai berlayar melalui daerah itu selama sekitar 90 menit sebelum pergi.

Motegi mengemukakan masalah ini saat melakukan panggilan telepon sore hari dengan rekannya dari China, Wang Yi, serta menyuarakan keprihatinan atas pembentukan distrik di China untuk mengelola pulau Paracel dan Spratly di Laut China Selatan, yang menjadi subyek sengketa teritorial dengan negara-negara tetangga.

"Kami mengutuk semua tindakan yang meningkatkan ketegangan" di daerah itu, Motegi mengatakan pada konferensi pers yang dikutip media itu.

0 comments: