Monday, April 6, 2020

Asean Berterima Kasih kepada AS dalam Memerangi COVID-19 dan Pendanaan Organisasi Multilateral

Sumber The Straits Times

Asean yang terdiri atas negara-negara Asia Tenggara mengusulkan untuk bekerja sama lebih banyak dengan AS dalam bidang kesehatan, termasuk memproduksi pasokan medis, sumber test kit, ventilator dan peralatan perlindungan pribadi, penelitian, dan pengembangan dan produksi vaksin Covid-19, di antara area lainnya.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan antara Kelompok Kerja Dewan Koordinasi ASEAN tentang Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat dan Pejabat AS dari berbagai lembaga tentang bekerja sama dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat dan melawan pandemi Covid-19 pada 1 April.
Seperti terlansir The Straits Times, Selasa (7/4/2020) Asean dan Amerika Serikat bersumpah bahwa pasokan dan peralatan medis vital, produk pertanian kritis, dan barang dan jasa penting lainnya akan terus mengalir melintasi perbatasan mereka, pada konferensi video tentang cara melawan virus corona minggu lalu.

"Semua menegaskan bahwa tindakan darurat yang dirancang untuk mengatasi Covid-19, jika dianggap perlu di tingkat nasional, harus ditargetkan, proporsional, transparan, dan sementara, dan tidak menciptakan hambatan yang tidak perlu untuk perdagangan atau gangguan pada rantai pasokan global," kata AS dan Pemerintah Vietnam, yang ikut memimpin pertemuan, dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan pada Senin (6 April).

Mengutip media itu, negara-negara Asean juga berterima kasih kepada AS atas bantuannya dalam memerangi penyebaran virus corona, dan untuk mendanai organisasi multilateral seperti Organisasi Kesehatan Dunia dan Dana Anak-anak PBB.

AS telah menyediakan US $ 18,3 juta (S $ 26,2 juta) dalam bantuan kesehatan darurat dan kemanusiaan untuk negara-negara Asean sejak awal wabah, menurut statistik Departemen Luar Negeri.

AS mengatakan pihaknya tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan kesehatan publik internasional dan terus mendukung program pertukaran, mencatat telah memberikan US $ 3,5 miliar dalam dukungan kepada negara-negara Asean dan melatih 2.400 profesional medis dan kesehatan Asean dalam dua dekade terakhir.
Ini juga menawarkan dukungan berkelanjutan untuk negara-negara anggota Asean yang membutuhkan bantuan tambahan.

Masih dari sumber yang sama, AS juga berterima kasih kepada negara-negara Asean karena memfasilitasi transit warga negara Amerika yang ingin kembali ke Amerika selama krisis COVID-19.

AS ingin membantu negara-negara Asean dan sekretariatnya mengembangkan struktur pengendalian penyakit di seluruh kawasan untuk memperkuat ketahanan dan kapasitas sistem kesehatan masyarakat di seluruh Asia Tenggara, tambahnya.

AS juga mengusulkan lebih banyak konferensi video antara Sekretaris Negara dan para menteri luar negeri Asean, serta antara Sekretaris untuk Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan dan mitra Aseannya.

Dan, negara-negara Asean mengatakan mereka menghargai upaya AS untuk sering memperbarui diplomat Asean dengan informasi tentang langkah-langkah Covid-19 yang diambil yang relevan bagi warga negara mereka.

"Kami membahas langkah-langkah lebih lanjut untuk memperkuat kolaborasi Asean-Amerika Serikat pada tanggapan Covid-19, termasuk melalui keterlibatan tingkat tinggi, dan pada kerja sama kesehatan masyarakat secara lebih luas," kata pernyataan itu.


0 comments: