Saturday, March 28, 2020

Pemurus yang Ramai di Tengah COVID-19


Aktivitas warga di Jalan Pemurus

Mungkin keramaian manusia di tengah pandemi COVID-19 merupakan pemandangan yang langka, terutama di negara-negara Eropa. Sebagian orang lebih memilih tinggal di rumah. Bahkan, pemerintah di banyak negara memerintahkan rakyatnya untuk melakukan hal itu.

Meski demikian, pemandangan langka tersebut masih dijumpai di sebagian wilayah Indonesia. Sebutlah di Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dari pantauan pagi ini, Minggu (29/3/2020) aktivitas warga masih berjalan normal.

Jalan Pemurus, misalnya, tetap ramai seperti biasanya. Para pengguna jalan, mulai dari pejalan kaki hingga mobil terllihat berlalu lalang. Ada juga yang singgah membeli sayuran segar, ayam potong, kue, dan beragam dagangan yang tersedia.

Hingga saat ini wilayah tersebut memang masih dalam kondisi aman dari serangan COVID-19. Belum ada satu pun kasus ditemukan.

"Kalau di sini masih aman. Sebagian orang luarlah yang membawa virus. Hindari tempat-tempat elit seperti minimarket yang kadangkala dikunjungi orang-orang "berjidat" (kaya). Karena, merekalah yang sering berhubungan dengan orang-orang luar dan juga melakukan perjalanan ke luar daerah, misalnya ke Pulau Jawa dan balik lagi ke Kalsel. Sekali lagi hindari tempat-tempat seperti itu! tutur salah seorang warga yang tak mau disebutkan namanya.

Sementara sebagiannya lagi masih berpikiran bahwa hidup dan mati sudah ada yang mengaturnya.

"Jangan takut korona (COVID-19) karena urusan hidup dan mati sudah ada yang mengaturnya!" seru salah seorang warga yang lainnya.

Apa pun tanggapan warga terhadap pandemi COVID-19 ini, kita berharap semua akan baik-baik saja. Dan, tetap waspada terhadap virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China daratan ini.

0 comments: