Thursday, March 5, 2020

Pemprov DKI Jakarta Gelar Operasi Pasar Masker? Seperti Apa Operasionalnya?

Sumber Halaman Resmi Facebook Pemrov DKI Jakarta

Sebuah kabar menggembirakan bagi warga DKI Jakarta. Di tengah kelangkaan masker wajah saat wabah COVID-19 terus menyebar, Pemprov DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya gelar operasi pasar masker di Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

Hal itu terlansir di Halaman Resmi Facebook Pemrov DKI Jakarta, Kamis (5/3/2020). Dalam halaman itu juga dijelaskan operasi pasar ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, agar Pasar Jaya berperan aktif mendistribusikan masker dengan harga wajar.

Sungguh kegiatan tersebut sangat mulia. Jumlah masker yang akan dijual pun terhitung banyak. Dari informasi di halaman pemrov, ada satu juta masker yang disiapkan oleh Pasar Jaya untuk dijual bekerjasama dengan Himpunan Pedagang Farmasi Pasar Pramuka. Warga juga bisa mendapatkan maskernya di seluruh toko gerai retail yang tersebar di pasar, kantor walikota, kecamatan, kelurahan, dan lainnya.

Nah, untuk menghindari spekulan yang ingin mencari keuntungan, Pemrov DKI Jakarta akan memberlakukan batas pembelian, yakni dibatasi 1 box saja per orang, dengan memperlihatkan KTP saat membeli.

Dengan demikian, diharapkan data penjualan dapat langsung diketahui dan bisa dikontrol transaksinya. Pihak pemrov berharap pula langkah ini bisa menjadi solusi untuk meredam lonjakan harga masker.

Masya Allah, ini luar biasa. Akankah langkah tersebut juga dilakukan di daerah-daerah lainnya?

0 comments: