Tuesday, March 31, 2020

Alhamdulillah Turki Tidak Minta Bantuan Keuangan kepada IMF di Tengah Covid-19


Sebaik-baik hidup adalah dalam kondisi tidak berutang. Agaknya kata-kata itu masuk akal. Siapa yang mau terlilit utang meski diistilahkan sebagai bantuan? Apa pun bentuk bantuannya jika dikategorikan utang, bukanlah sesuatu yang membahagiakan.

Mengutip Anadolu Agency, Selasa (31/3/2020) Direktur Departemen Dana Eropa pada Senin mengatakan sementara negara-negara berkembang non-UE di Eropa Tengah dan Timur meminta bantuan IMF, segera setelah wabah virus korona (Covid-19) mewabah, baik Turki maupun Rusia belum melakukannya.

Poul Thomsen menekankan bahwa IMF sekarang menghadapi permintaan bantuan simultan dari sejumlah negara terbesar dalam sejarahnya.

"Kami secara dramatis merampingkan aturan dan prosedur internal kami agar dapat merespons dengan kecepatan, kelincahan, dan skala yang diminta oleh tantangan masa damai yang belum pernah terjadi sebelum ini," ujar dia.

Mengutip media itu, jetika wabah menyebar ke puluhan negara, beberapa lembaga internasional, termasuk IMF, mengumumkan paket keuangan baru untuk membantu negara mengatasi dampak virus di pasar mereka.

Lalu mengapa Turki belum atau mungkin tidak akan berutang kepada IMF di tengah COVID-19?

Masih dari sumber yang sama, para pejabat Turki mengatakan mereka telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi masyarakat dan ekonomi negara dari dampak pandemi.

Covid-19 sejauh ini telah menginfeksi 9.217 orang, dan merenggut 168 nyawa di Turki.

0 comments: