Friday, January 24, 2020

Ternyata Banyak Kaum Hawa Jatuh Hati kepada Kaum Adam yang Berambut Gondrong


Sudah satu tahun lebih Hamid mengamalkan perkataan guru spiritualnya. Ia ingat betul gurunya mengatakan bahwa banyak kaum Hawa jatuh hati kepada kaum Adam yang berambut gondrong

Sejak saat itu rambutnya yang bergelombang sengaja ia biarkan gondrong. Maka, setiap dua hari sekali dirinya membeli sampo merek tertentu di warung bu Midah. Tujuannya agar rambut gondrongnya terlihat indah meski saat kering oleh paparan sinar matahari.

Awalnya, ia begitu semangat mengamalkannya. Tetapi, kemarin hatinya mulai goyah. Penyebabnya sederhana. Hingga detik ini belum ada seorang wanita pun jatuh hati kepadanya.

Hari berganti hari. Dan, pertanyaan terkait perkataan guru spiritualnya kian sering muncul di kepalanya, terutama saat malam hari. Terlebih setelah beberapa teman dekatnya menanyakan hal yang sama kepadanya.

Dengan mengumpulkan kepingan-kepingan keberanian, ia memajukan langkahnya untuk menemui sang guru berwibawa tersebut.

Di hadapan guru yang sangat dihormatinya itu, ia menyampaikan keraguan hatinya. Tanpa disangka-sangka, gurunya tersenyum-senyum setelah  mendengar perkataan Hamid tadi.

Tak mau Hamid semakin bingung, pria yang biasa dipanggil Guru Hijau ini dengan tenang menerangkan maksud dari berambut gondrong itu.

Kini, Hamid paham mengapa yang ia impikan belum terwujud. Ternyata, berambut gondrong mengandung dua makna yang cukup sulit diamalkannya.

Pertama, rambut gondrong bermakna pemikiran yang matang. Kematangan dalam berpikir tidak dapat dicapai dengan waktu yang singkat. Perlu jam demi jam, bahkan hari demi hari. Segala sesuatu akan indah jika didasari dari hasil pemikiran yang penuh pertimbangan. Saat itulah kebijaksanaan muncul pada diri seorang pria yang bersangkutan.

Kedua, rambut tidak sekadar lekat pada kepala manusia. Helai-helainya yang halus melambangkan kekembutan hati. Lembut itu baik. Mulia. Dan idealnya, kemuliaan hati tidak hanya sekejap. Hari ini baik, besok jelek. Tidak demikian. Akan tetapi, kemuliaan hati yang ideal adalah berlaku setiap hari sepanjang kehidupan manusia. Singkatnya, makna yang kedua ini adalah berhati mulia sepanjang waktu.

Dengan begitu, kemungkinan  besar akan ada banyak wanita jatuh hati kepada pria yang berambut gondrong seperti itu.

0 comments: