Tuesday, July 16, 2019

Senjata Sumpit Digunakan untuk Kejahatan dalam Drakor Voice 3


Sudah menjadi rahasia umum, sumpit atau sumpitan merupakan senjata untuk berburu, pembunuhan secara diam diam, dan juga dalam pertempuran terbuka.

Sebagai senjata jarak jauh, kekuatan embusan napas penggunanya sangatlah penting. Mata sumpit dapat mencapai jarak 200 meter. Selain di Indonesia, senjata ini juga digunakan di Jepang dan Benua Amerika (oleh orang-orang Indian).

Nah, ada satu adegan dalam drama Korea Selatan berjudul Voice 3 yang menggunakan sumpit. Dan, dari dialog para tokohnya, sumpit tersebut digunakan oleh seorang pelaku kejahatan yang saat kejadian ia berbahasa Indonesia.

Dalam adegan itu, seorang polisi wanita--Park Eun-Soo--yang diperankan artis cantik Son Eun-Seo menjelaskan kepada atasannya berdasarkan keterangan di sebuah laman tentang sumpit, "Panah beracun dimasukkan ke dalam tabung bambu. Lalu dilontarkan dengan ditiup. Lalu dari residu yang dituangkan pelaku (saya rasa itu rebusan 'la ngon' atau rumput gelsemium) jika dituangkan ke lantai, akan licin dan menghambat pergerakan mereka. Di Indonesia, tanaman itu disebut 'rerumputan pengusir hantu' karena racunnya. Juga digunakan dalam pembunuhan."


Kemudian Kang Kwon-Joo yang diperankan Lee Ha-Na (atasan polwan tersebut di atas), memberitahukan timnya lapangan bahwa dalam kasus tersebut "Pelapor adalah Na Kyung Joon (37 tahun). Dia ( baca: Kyung Joon) melaporkan penyerang tidak dikenal di dalam pusat Imigran Wanita. Pelaku mengenakan topeng tradisional dan menggunakan panah beracun (sumpit). Jumlah korban terus meningkat. Karena berbahasa Indonesia, pelaku diduga warga Indonesia."


Secara ringkas drama ini menceritakan tentang anggota kepolisian dari pusat panggilan darurat 112 Korea Selatan yang harus berurusan dengan kartel kejahatan internasional. Mulai rilis pada  11 Mei--30 Juni 2019 di OCN.

Penggunaan sumpit untuk tindak kejahatan yang mengaitkan "Indonesia" dalam drama ini mungkin bisa saja dinilai positif karena memperkenalkan salah satu kebudayaan Indonesia di luar negeri kita ini. Bukan hanya diperkenalkan di Korea Selatan, tetapi lebih luas lagi mengingat drama-drama "Negeri Ginseng" juga diminati di negara-negara lain semisal kawasan Eropa.

Kualitas mereka dalam dunia hiburan termasuk drama memang tidak diragukan lagi. Akan tetapi, karena dalam adegan tersebut sumpit digunakan untuk kejahatan, dikhawatirkan pula kesan buruk akan melekat terhadap senjata tiup ini.

Dari berbagai sumber.

0 comments: