Monday, July 15, 2019

Berikut Ketentuan Lomba Video dan Foto Literasi Masyarakat, Yuk Ikutan!

Indonesia Membaca -- Donasi Buku Kemeundikbud

Lomba ini bertemakan,“Indonesia Membaca”dengan  objek segala hal yang berkaitan dengan aktivitas, kegiatan dan suasana membaca di masyarakat, gerakan literasi di masyarakat atau suasana yang menggugah semangat masyarakat untuk membaca dan terlibat dalam gerakan literasi. Adapun objek video dan foto tersebut berlokasi di Indonesia. 

Hadiah lomba ini berupa:
1. Piagam Penghargaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
2. Uang tunai dengan total Rp. 45.000.000,00
3. Mengikuti rangkaian penyelenggaraan Hari Aksara Internasional tingkat nasional dan Festival Literasi Indonesia tahun 2019 di Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan

Khusus hadiah uang tunai, pajak hadiah ditanggung pemenang


Ketentuan lomba:
1. Lomba terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.  

2. Peserta boleh perorangan atau kelompok.

3. Video dapat berupa feature/dokumenter/film pendek.

4. Video berdurasi minimal 1 menit dan maksimal 5 menit (termasuk credit title).

5. Video yang diikutsertakan dilengkapi dengan narasi (deskripsi) dan lokasi pengambilan gambar.

6. Video yang diikutsertakan adalah karya asli peserta (bukan video orang lain). Izin penggunaan materi pendukung (footage, musik, potongan gambar) dari pihak ketiga adalah tanggung jawab peserta. Penggunaan materi pendukung secara cuma-cuma (free to use footage atau musik) harus mencantumkan credit title berupa keterangan (caption). Contoh: courtesy of youtube.com/kemendikbudri.

7. Dalam video wajib menyertakan subtitle bahasa Indonesia untuk dialog atau narasi yang menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing.

8. Video dan Foto yang diikutsertakan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, menghasut, kekerasan, dan unsur ilegal lainnya maupun melanggar undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia.

9. Video dan Foto yang diikutsertakan adalah karya asli peserta (bukan video dan foto orang lain). Peserta memiliki hak cipta yang mandiri, lengkap, jelas, tidak diperdebatkan dari setiap unsur, tidak melanggar pihak lain (privasi dan hak terkait lainnya). Kewajiban atas ketentuan ini menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya. Panitia dibebaskan dari tanggung jawab dan segala konsekuensi atas pelanggaran yang dilakukan peserta.

10. Peserta dilarang mengirimkan karya video dan foto dengan menggunakan nama dan atau alamat orang lain.

11. Video dan Foto yang diikutsertakan belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam kompetisi lainnya.

12. Video dan Foto boleh diedit sejauh menyangkut kontras, saturasi, eksposur dancropping, tapi tidak boleh ada penambahan (penempelan) atau pengurangan (penghapusan) objek. Hasil editan nampak natural.

Pengiriman Foto
1. Foto dikirimkan melalui email/pos-el apresiasiliterasi@kemdikbud.go.id dengan subjek: Foto Indonesia Membaca-Judul Foto-Nama Peserta

2. Foto dikirimkan dalam format jpeg dengan ukuran file minimal 1 MB

3. Foto tidak boleh diberi tanda air (watermark), bingkai atau tambahan lainnya

4. Foto yang dikirim dilengkapi dengan:
- Formulir data diri peserta
- Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai 6.000,00
- Foto kartu identitas diri: Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/KTP/SIM/Paspor
- Narasi dan informasi lokasi Foto

Pengiriman video
1. Video diunggah dalam bentuk trailer di akun instagram salah satu peserta. Beri narasi (caption), cantumkan tagar (hastag) #videoliterasimasyarakat dan mention akun @donasibuku.kemdikbud dan @forum-tbm.

2. Video versi penuh diunggah ke akun You Tube atas nama peserta atau atas nama tim dengan format: Video Literasi Masyarakat – Nama Peserta/Nama Tim – Judul Video. Di bagian deskripsi cantumkan tagar (hastag) #videoliterasimasyarakat.

3. Kirimkan tautan (link) unggahan trailer dan video versi penuh melalui email apresiasiliterasi@kemdikbud.go.id dengan subjek email: Video Literasi Masyarakat – Judul Video – Nama Peserta

4. Video yang dikirim dilengkapi dengan:
- Narasi (keterangan) dan informasi lokasi pengambilan gambar
- Formulir data diri peserta
- Foto kartu identitas diri: Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/KTP/SIM/Paspor
- Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai 6.000,-
- Peserta diperkenankan mengirimkan lebih dari satu video dan Foto.
- Peserta wajib mengirimkan file video dan Foto dengan resolusi tinggi.
- Peserta mengizinkan panitia untuk dapat memiliki, menggunakan dan mereproduksi video dan - Foto yang dikirimkan dalam segala format untuk keperluan publikasi, kampanye dan keperluan lainnya.

Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak akan melayani segala bentuk korespondensi dengan peserta terkait keputusan dewan juri.

Penyerahan hadiah lomba dilakukan di acara puncak Hari Aksara Internasional (HAI) tingkat nasional dan Festival Literasi Indonesia di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan tanggal 6 s.d 9 September 2019. Panitia akan menanggung biaya transportasi, akomodasi dan uang harian para pemenang lomba (hanya satu orang setiap pemenang).

Panitia berhak mendiskualifikasi dan menarik karya serta lomba yang telah diberikan kepada peserta jika dikemudian hari karya tersebut terindikasi melakukan unsur pelanggaran.
Informasi yang sah dan akurat berkaitan dengan Lomba Video dan Foto Literasi Masyarakat hanya akan dikeluarkan melalui website dan akun media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Forum TBM.

Informasi yang sah dan akurat berkaitan dengan Lomba Video dan Foto Literasi Masyarakat hanya akan dikeluarkan melalui website kemdikbud.go.id, donasibuku.kemdikbud.go.id dan akun media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Forum TBM.
Batas pengiriman 31 Juli 2019.

Narahubung:
Bu Mustriatun (08156093490) dan Bu Siti Nurul Aini (08111360310).

Lampiran
Formulir Data Diri Peserta
Surat Pernyataan


0 comments: