Saturday, July 20, 2019

Ganti Styrofoam dengan Besek Bambu, Mengapa Tidak?

Besek bambu - Shopee

Urusan bambu ternyata tak sekadar berputar pada sosok Anies Baswedan dan DKI Jakarta. Sebab, bambu memang akrab dengan Indonesia.

Betapa tidak? Lihatlah begitu banyak tanaman tersebut tumbuh subur di negeri ini. Bahkan, China daratan atau Republik Rakyat China yang dikenal sebagai ladangnya bambu pun masih kalah daripada Indonesia dalam hal ketersediaan tanaman bertubuh panjang tersebut.

Terkait dengan fenomena bambu,  dikutip dari Republika, Minggu (21/7/2019) Manager Program Yayasan KEHATI, Basuki Rahmad, mengatakan kekayaan bambu sangat luar biasa di Indonesia, sekaligus bisa menjadi solusi menurunkan limbah.

Bagaimana caranya? Nah, dia berpendapat, mengubah gaya hidup dari styrofoam dengan besek bambu, tentu menimbulkan efek dahsyat dari segi lingkungan dan ekonomi.

Rahmad juga memaparkan tentang perbandingan antara pertumbuhan bambu di Indonesia dan China. Katanya, pertumbuhan bambu di Indonesia 10 kali lebih tinggi dan 20 kali lebih banyak daripada China.

Di samping itu, dia berharap pemerintah juga memberikan dukungan penggunaan besek bambu. Melakukan subsidi pembayaran pajak 5% adalah contoh nyatanya.

0 comments: