Wednesday, July 31, 2019

Delapan Negara Ini Buka Program Studi Bahasa Indonesia Lho, Yuk Cari Tahu!


Bahasa Indonesia kian bersinar. Semakin banyak penutur dan peminatnya. Bukan hanya di negeri sendiri, tetapi juga juga nun jauh di sana.

Sehubungan dengan hal menggembirakan tersebut, tepat sekali kiranya pada bagian keempat UU Nomor 24 Tahun 2009 dan juga pada bab 7 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014 diamanatkan tentang peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional.

Amanat itu sendiri bertujuan untuk menunjukkan jati diri bangsa Indonesia dan meningkatkan daya saing bangsa.

Dikutip dari Antara, Rabu (31-7-2019), Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua-- Suharyanto--mengatakan bahwa saat ini bahasa Indonesia itu setidaknya sudah diajarkan di 45 negara dan diajarkan kurang lebih 250 lembaga yang ada di 45 negara tersebut.

Dan yang lebih menggembirakan lagi, katanya, bahasa Indonesia sudah dibuka menjadi program studi di delapan negara. Ia menjalaskan yang delapan negara ini memang secara khusus mempelajari mengenai bagaimana seluk beluk kaidah-kaidah yang ada di dalam bahasa Indonesia dan sastranya.

Lalu, negara mana sajakah itu?

Kedelapan negara yang membuka program studi bahasa Indonesia, yaitu negara Kanada, Jepang, Australia, Korea Selatan, Ukraina, Suriname, Hawai, dan Vietnam.

0 comments: