Tuesday, June 11, 2019

Ada Tiga Daerah di Kalsel yang Dilanda Cuaca Ekstrem Berdasarkan Prediksi BMKG


Peringatan dini diberikan BMKG untuk warga Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Baru di Kalimantan Selatan agar waspada terhadap cuaca ekstrem.

Ketiganya berpotensi dilanda cuaca ekstrem dari minggu ini hingga akhir Juni.

Seperti terlansir Antara yang dikutip Detik, Rabu (12/6/2019), Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Muhammad Shaa Imul Qadri di Banjarbaru menerangkan, "Wilayah Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kotabaru untuk seminggu ke depan potensi hujan masih tinggi, jadi patut diwaspadai."

Ia juga memaparkan bahwa, ada fenomena gangguan gelombang atmosfer yang disebut Madden Julian Oecilation (MJO) saat ini masuk ke wilayah Kotabaru dan membawa masa udara basah. Akibatnya, ada potensi menyebabkan berawan yang menimbulkan terjadinya hujan

"Jadi kenapa bisa banjir seperti Kotabaru dan Tanah Bumbu saat ini, karena hujan yang terus menerus lantaran banyak faktor mendukung terjadinya hujan. Kemudian faktor lokal, seharusnya musim kemarau, malah hujan yang berlangsung terus seharian karena fenomena tadi," paparnya dari sumber yang sama.

0 comments: