Wednesday, March 13, 2019

Wisata Sastra, Babak Baru PDS H.B. Jassin. Yuk, Jadikan sebagai Destinasimu!

Papan Nama Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin - Indonesiakaya


Bagi sebagian orang, nama H.B. Jassin barangkali masih terdengar asing. Siapa dia? Dari mana asalnya? Setidaknya dua pertanyaan itulah yang muncul berkenaan dengan sosok yang belum familiar dan hal itu wajar.

Pria bernama lengkap Hans Bague Jassin itu lahir di Gorontalo pada 13 Juli 1917 dan meninggal dunia di Jakarta pada 11 Maret 2000. Adalah seorang kritikus sastra, pengarang, dan penyunting kenamaan Indonesia.  Nah, pada tanggal 28 Juni 1976, H.B. Jassin mendirikan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B. Jassin.

Pusat dokumentasi ini diresmikan pada 30 mei 1977 sebagai tempat pendokumentasian arsip kesusatraan nasional Indonesia dari berbagai sumber. Lokasinya ada di dalam Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat.

Kemudian, per 24 Januari 2018, pusat dokumentasi sastra terlengkap di dunia tersebut dikelola Pemprov DKI Jakarta. Gubernur Anies Baswedan berhasil meyakinkan para pengurusnya. Maka, seperti dalam drama seri, PDS H.B. Jassin memasuki babak baru. Dan, direncanakan sepanjang tahun 2019 ini pengurusnya mengadakan wisata sastra dengan tujuan lebih meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap karya sastra. Diharapkan pula dapat meningkatkan kolaborasi masyarakat dan kunjungan ke PDS H.B. Jassin.

Adapun waktu wisata tersebut diadakan tiga kali dalam sebulan dan terbuka untuk umum antara pukul 09.00—15.00 WIB . Khusus bulan ini berlangsung pada tanggal 9,15, dan 21. Lalu apa saja yang diselenggarakan dalam program wisata itu? Tentu ada lokakarya, diskusi sastra, peluncuran dan bedah buku, juga termasuk di dalamnya kunjungan rombongan atau perorangan seperti kumunitas sastra dan pelajar. Menarik, ‘kan? Yuk, kunjungi dan ambil manfaatnya!

0 comments: