Saturday, January 12, 2019

Kamus Mimpi Urang Banjar: Sarana untuk Memahami Alam Pikiran Nenek Moyang Orang Banjar




Setiap suku bangsa di dunia ini mempunyai tafsiran kolektif masing-masing atas suatu mimpi yang dialami oleh anggota kolektif suku bangsanya.

Mimpi digigit ular misalnya, bagi orang Eropa dianggap sebagai mimpi buruk karena ditafsirkan sebagai peringatan bagi orang yang bermimpi agar meningkatkan kewaspadaannya karena mimpi dimaksud merupakan isyarat bakal datangnya bala. Berbeda halnya dengan orang Banjar di Kalsel, mimpi digigit ular sangat beragam tafsirannya, namun, pada umumnya bermakna baik.

Kamus Mimpi Urang Banjar (KMUB) merupakan hasil sampingan dari kegiatanku tempo hari mengumpulkan bahan pustaka untuk menulis buku berjudul Folklor Banjar. Perlu dijelaskan, salah satu subjudul buku dimaksud membahas aspek-aspek mistik dalam sistem kepercayaan rakyat etnis Banjar di Kalsel. Tafsir mimpi merupakan salah satu klasifikasi yang ada dalam sistem kepercayaan rakyat etnis Banjar.

Namun, agar tidak menimbulkan tafsiran yang bukan-bukan, sejak dini kutegaskan bahwa posisiku dalam buku ini cuma sebagai pengumpul bukan sebagai penafsir, sehingga aku tidak berani menjamin tafsiran mimpi yang ada di dalam KMUB akan tepat 100 %. KMUB merupakan salah satu bahan referensi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk memahami alam pikiran nenek moyang orang Banjar di masa lalu. (Tajuddin Noor Ganie)

Berminat membaca Kamus Mimpi Urang Banjar? Pembelian kamus bisa melalui nomor 08195188521.
  

0 comments: