Friday, December 7, 2018

Percayakah Anda dari Lima Tema Ini Terbit Buku-Buku Antologi Bersama?


1. Ibu
Siapa yang tak tahu sosok ibu. Setidaknya mengetahui bahwa berbulan-bulan kita berada dalam rahimnya yang damai. Sebagian diasuh dan dibesarkan juga olehnya. Dan, telah banyak karya tulis yang terinspirasi dari sosok itu.  Di bawah ini contohnya berwujud buku antologi puisi bersama dengan judul Ibuku Mendaki Badai. 



2. Bahasa
Secara mudah bahasa adalah sistem lambang bunyi yang bersifat arbitrer dan konvensional. Dengan bahasa, kita dapat berkomunikasi, bekerja sama, serta melakukan hal-hal lainnya, termasuk menulis tentunya. Tak sedikit tulisan yang terinspirasi dari bahasa. Hal ini dapat kita temui contohnya dalam buku antologi Senja di Teluk Wondama.



3. Persaudaraan
Hidup akan terasa indah jika ada kedamaian. Dan kedamaian melahirkan persaudaraan antarumat manusia. Begitu pula dengan persaudaraan di antara negara-negara Asia Tenggara ini. Pada tahun 2011, setelah adanya Dialog Sastra Borneo di Samarinda, tercetus pembuatan antologi puisi lima negara yang terinspirasi dari persaudaraan sesama bangsa serumpun. Alhasil, terbitlah antologi puisi Suara 5 Negara. 




4. Sungai
Sebut saja Indonesia. Di negara kita ini sangat kaya dengan sungai, baik besar, maupun kecil. Banyak penduduk Indonesia yang kehidupannya—mulai dari urusan bersih-bersih hingga urusan perut—tidak bisa terlepas dari sungai. Kenyataan seperti itu menjadi inspirasi yang sangat berharga bagi banyak penulis. Misalnya saja dalam buku antologi puisi berjudul Arus Puisi Sungai.


5. Hutan
Ketika kita membahas hutan, tidak menutup kemungkinan yang terbayang dalam otak sebagian orang adalah hewan liar yang menakutkan semisal ular, singa, dan lainnya. Meski demikian, hutan telah terbukti menjadi inspirasi dalam menulis. Contohnya antologi puisi dengan judul Puisi Peduli Hutan.


Dari berbagai sumber


                                   Klik Iklan Buku
Klik Iklan Buku

Generic Banner

0 comments: