Friday, January 28, 2022

Utuh Bakencong Memancing Toman

Serial Santuy Utuh Bakencong

Sejak tadi malam Utuh Bakencong berniat memancing ikan Toman di samping rumahnya. Secara geografis, rumahnya memang tak jauh dari aliran sungai besar. Terkadang ada saja ikan gabus terbesar dan terbuas itu mondar-mandir di samping rumahnya tersebut. Terlebih saat air pasang beberapa hari lalu.

Untuk menunaikan niatnya itulah, sejak bakda salat Subuh tadi ia sudah  menyiapkan peralatan memancing. Mulai dari mengikat kail dengan kenur atau senar pancing yang sudah dipasang di ujung joran hingga ember timba untuk wadah ikan.

Semula ia memancing dalam posisi berdiri. Lantaran kakinya penat, dirinya pun duduk di kursi kecil. Tentunya tak lupa ia menikmati seduhan kopi hangat agar matanya tidak mengantuk sekaligus menghindari kejenuhan. Segelas demi segelas air kopi ia habiskan. 

"Ini gelas kopiku yang keenam, tapi sampai detik ini belum ada juga ikan toman yang menyambar umpan pancingku!" gumamnya kesal.

Ia pun kembali menyeruput kopi di tangannya. Dan, saat dirinya menikmati kopi tersebut, seekor toman besar menyambar umpan pancingnya.

Bergegas ia meletakkan gelas kopi di lantai dan langsung mengambil posisi siap menarik ikan yang menyambar itu. Tanpa ragu, ia langsung menarik dengan kuat. Dan, ia terjengkang. Sementara senar pancingnya putus. Hatinya sangat jengkel. Ia banting joran miliknya ke permukaan air dengan sangat keras. Sedang wajahnya terlihat benar-benar menunjukkan kekesalan yang besar. Lalu dengan langkah tergopoh, ia meninggalkan tempat tersebut. (MJA).

Saksikan pula film pendek serial ini di video berikut.



0 comments: