Thursday, November 12, 2020

Mungkin Anda Perlu Tahu Seberapa Buruk Makan Menu yang Sama Setiap Hari?



Manusia pasti memerlukan makanan setiap hari untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup paling pokok. Tidak jarang sebagian orang menikmati menu makanan yang sama. Sebutlah sering makan mie instan dalam kurun waktu yang panjang, terutama saat malas keluar rumah atau enggan memasak menu-menu lainnya yang lebih kompleks. 

Nah, sebenarnya seberapa burukkah atau resiko akibat Anda menikmati menu makanan yang sama sepanjang waktu tersebut?

Di bawah ini tersaji jawaban yang dikutip dari lifehacker dan ditulis oleh Beth Skwarecki untuk pertanyaan di atas. 

Waspadai kekurangan nutrisi

Variasi itu penting karena setiap makanan bisa menggantikan kekurangan makanan lain. Ramen tidak mengandung vitamin C , misalnya, tetapi hampir setiap buah atau sayuran segar mengandung vitamin itu paling tidak sedikit. 

Sayuran tidak mengandung vitamin B12, tetapi makanlah daging atau ragi bergizi sesekali dan Anda akan terlindungi. Dengan banyaknya jenis makanan yang tersedia bagi kita, sulit tetapi bukan tidak mungkin untuk mendapatkan kekurangan vitamin atau mineral dengan membatasi apa yang kita makan.

Kemungkinan lain: jika Anda makan pola makan nabati dan hanya makan makanan yang sama berulang kali, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup semua asam amino esensial Anda. 

Contoh lain, nasi rendah lisin dan kacang-kacangan rendah metionin, tetapi dalam semangkuk nasi dan kacang-kacangan semuanya seimbang. Anda bahkan bisa makan nasi dan buncis dalam waktu makan terpisah. Tetapi jika Anda hanya makan nasi, dan tidak mendapatkan cukup asam amino lain dalam makanan Anda, pada akhirnya Anda bisa mengembangkan kekurangan protein.

Di samping itu, waspadai kandungan merkuri jika Anda banyak makan ikan

Ikan dan kerang dapat mengandung merkuri, yang mungkin menjadi perhatian jika Anda memakannya banyak. 

Sebagian besar ikan di toko bahan makanan termasuk salmon, nila, dan tuna "ringan" semuanya termasuk dalam kategori risiko terendah, dengan batas yang disarankan 2-3 porsi per minggu jika Anda sedang hamil. Tuna “putih” dan mahi-mahi termasuk dalam kategori risiko sedang, dengan hanya disarankan satu porsi per minggu. Hiu dan ikan todak termasuk dalam kategori dengan kadar merkuri tertinggi, dan tidak direkomendasikan sama sekali jika Anda sedang hamil.

Untuk orang yang tidak hamil, tidak ada jumlah porsi tertentu yang harus dituju, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan "orang yang makan lebih banyak ikan daripada orang kebanyakan" memperhatikan kadar merkuri. Jika Anda makan ikan setiap hari, pilihan merkuri yang lebih rendah akan lebih cerdas, dan Anda mungkin ingin mencampurkannya dengan ayam atau protein lain.

Dan, jika Anda tahu tidak cukup makan sesuatu, lebih masuk akal untuk memperbaiki pola makan. 


0 comments: