Tuesday, September 8, 2020

Masya Allah! Universitas Turki Kembangkan Alat Tes Virus yang Menunjukkan Hasilnya hanya dalam 8 Menit



Dilaporkan Daily Sabah, universitas di Turki barat laut telah mengembangkan tes virus korona yang menghasilkan hasil hanya dalam delapan menit.

Mustafa Kemal Sezgintürk, seorang dosen di Departemen Bioteknologi Universitas Çanakkale Onsekiz Mart, mengatakan bahwa kit tes baru dapat memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada tes serupa di seluruh dunia.

Rektor Universitas Sedat Murat mengatakan bagian terpenting dari proyek ini adalah bahwa tes tersebut adalah yang pertama dari jenisnya tidak hanya di Turki tetapi juga di seluruh dunia.

"Hanya ada tes antibodi di dunia. Tingkat akurasinya bervariasi pada 63% di PCR (Polymerase chain reaction). Dengan kata lain, ada margin kesalahan sekitar 40%, tapi dengan tes ini hasil bisa didapat dengan 100 % akurasi dan dalam waktu singkat, seperti lima hingga 10 menit," kata Murat.

Masih dari sumber yang sama, memperhatikan bahwa mereka telah memulai upaya untuk memulai produksi massal kit tersebut, Sezgintürk berkata, "Kami harus mematenkan kit tersebut terlebih dahulu."

"Kami juga akan mendaftar ke lembaga pendanaan negara kami. Mereka juga telah memberikan dukungan yang sangat substansial dalam hal ini," katanya, seraya menambahkan bahwa mereka berencana untuk memperkenalkan proyek tersebut kepada penyandang dana penting, termasuk lembaga pembangunan dan Kementerian Kesehatan.

Sumber foto: Anadolu Agency melalui Daily Sabah



0 comments: