Wednesday, September 2, 2020

7 Hal yang Menunjukkan Yunani Telah Memanfaatkan Persoalan Siprus dan Status Pulau-Pulau di Laut Aegea untuk Melawan Turki



Yunani sangat terlihat jelas memusuhi Turki. Terutama belakang ini yang terkait persoalan tentang Siprus dan pulau-pulau di Laut Aegea. Yunani menggunakan kedua sumber masalah itu untuk melawan Negeri yang kini dipimpin Presiden Erdogan. 

Kenyataan ini membuktikan bahwa Yunani sudah melanggar prinsip hukum internasional dan pasal perjanjian internasional dalam kebijakannya terhadap Turki. 

Mengutip Daily Sabah, Rabu (2/9/2020) Muhittin Ataman merincikan tujuh hal yang menunjukkan bahwa Yunani telah memanfaatkan kedua sumber masalah tersebut. 

Pertama, pihak Yunani bertanggung jawab atas permulaan pertanyaan tentang Siprus ketika mereka memulai kekejaman mereka terhadap minoritas Turki di pulau itu. Saat ini, tidak ada yang berbicara tentang pembantaian Yunani di pulau itu pada 1960-an dan 1970-an. Turki berusaha melindungi Turki pada 1964, tetapi upaya Turki itu diblokir oleh Amerika Serikat. Namun, Turki ikut campur dalam krisis pada tahun 1974 dan mengakhiri pembunuhan massal dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap orang Turki, yang berakhir dengan pembagian pulau menjadi dua entitas politik.

Kedua, pihak Yunani bertanggung jawab atas kegagalan rencana reunifikasi Siprus, yang dikenal sebagai Rencana Annan. Sebuah proses perdamaian dimulai di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan diwujudkan sebagai Rencana Annan.

Proposal tersebut bertujuan untuk membangun kembali Republik federal Siprus dan itu diajukan kepada penduduk pulau itu dalam referendum tahun 2004. Sementara proposal tersebut didukung oleh 65% orang Siprus Turki, 75% orang Yunani menentang rencana tersebut.

Namun, meskipun ada panggilan dari pejabat PBB, embargo terhadap Siprus utara tidak dicabut. Di sisi lain, orang Siprus Yunani, yang menolak rencana tersebut, diberi penghargaan oleh Uni Eropa dan diterima sebagai anggota penuh Uni Eropa. Uni Eropa membuat dua kesalahan: satu, Uni Eropa menghadiahi spoilsport; dua, itu melanggar salah satu prasyarat keanggotaan penuh - menyelesaikan semua masalah perbatasan.

Ketiga, setelah menjadi anggota penuh Uni Eropa, Siprus Yunani mulai mengambil beberapa langkah sepihak yang serius dan menandatangani beberapa perjanjian yang memberi izin kepada beberapa perusahaan internasional untuk mencari minyak dan gas alam di wilayah tersebut.

Mereka bertindak sebagai perwakilan dari seluruh pulau, yang terdiri dari dua entitas politik. Kemudian, pihak Turki menandatangani perjanjian serupa dengan Turki, dan kapal-kapal Turki mulai mencari di wilayah tersebut. Melupakan siapa yang mengambil langkah pertama, Siprus Yunani sekarang menyalahkan Turki karena bertindak sepihak. Semua pengamat tahu bahwa pihak Yunani-lah yang mengambil langkah pertama.

Keempat, pemerintahan Siprus Yunani mengizinkan penempatan pasukan militer Prancis di pulau itu. Pengerahan pasukan militer dari negara lain selain negara penjamin dilarang oleh perjanjian konstituen. Artinya, langkah ini sama sekali bertentangan dengan pasal-pasal perjanjian internasional yang ditandatangani kedua belah pihak.

Kelima, negara Yunani telah melanggar prinsip hukum internasional dengan meminta seluruh wilayah perairan seluruh pulau, bahkan yang hanya berjarak 2 kilometer (1,2 mil) dari daratan Turki, seperti Kastellorizo ​​(Megisti-Meis) yang hanya berjarak 9 kilometer persegi (3,5 mil persegi).

Yunani meminta klaim teritorial 40.000 kali lebih besar dari ukuran pulau itu. Yunani ingin memenjarakan Turki di semenanjung Anatolia. Secara alami, Turki menyatakan langkah ini sebagai garis merah dan tidak dapat diterima.

Keenam, pihak Yunani ingin mendeklarasikan perairan teritorial 12 mil untuk pulau-pulau itu, yang juga akan memenjarakan Turki di daratannya. Turki tidak akan dapat menavigasi atau mencapai perairan internasional dengan bebas. Sekali lagi, Turki telah menyatakan langkah ini sebagai casus belli, alasan untuk berperang, istilah hukum yang, dibaca dalam bahasa Turki, membawa makna duel yang lebih dari sekadar ironi "mata-mata yang jelas" - dan betapa jelasnya itu. Klaim Yunani sangat bertentangan dengan prinsip keadilan dan kebenaran. Tidak masuk akal mengharapkan Turki untuk mengizinkan Yunani menjadikan Laut Aegea sebagai laut pedalamannya.

Ketujuh, Yunani melanggar pasal perjanjian internasional dan memiliterisasi pulau-pulau yang paling dekat dengan Turki. Ini adalah satu lagi kartu provokasi yang sering dimainkan oleh otoritas Yunani.

Langkah-langkah tersebut di atas dan banyak lainnya menunjukkan bahwa Yunani tidak memiliki niat baik terhadap Turki. Yunani, yang telah mengikuti kebijakan ekspansionis berkelanjutan (dikenal sebagai Ide Megali) terhadap Turki, lebih memilih hubungan zero-sum yang jelas dengan Turki. Mereka yang selalu menyalahkan Turki karena mengikuti kebijakan neo-Ottomanist, klaim yang terus-menerus ditolak oleh pejabat Turki, tidak merasa perlu untuk memperingatkan Yunani tentang irredentisme neo-Byzantinist.

Mengingat Yunani dan Turki sebagai negara tetangga, mereka saling bergantung satu sama lain dan ditakdirkan untuk hidup bersama secara damai. Kelanjutan kebijakan antagonis terhadap Turki tidak akan berkontribusi pada kesejahteraan Yunani atau rakyat Yunani.


0 comments: