Saturday, July 25, 2020

Hebat! FBI Menangkap Peneliti Militer Cina yang Dilindungi di Konsulat San Francisco



Sumber Taiwan News


Dunia intelijen beraksi. Agaknya demikianlah kalimat yang tepat untuk kinerja penangkapan ini.

Dilaporkan Taiwan News, Sabtu (25/7/2020) Tang Juan (唐 娟), seorang peneliti biologi yang telah menyembunyikan afiliasinya dengan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ketika bekerja sebagai peneliti di University of California Davis, telah ditahan, menurut Departemen Kehakiman AS.

Dia diperkirakan akan muncul di pengadilan federal pada Senin (27 Juli) mendatang.

Semula dirinya dicari dengan tuduhan penipuan visa dan ditangkap oleh FBI pada hari Jumat (24 Juli) setelah mengungsi ke konsulat Cina di San Francisco.

Kemudian, para penyelidik menemukan foto-foto internet yang memperlihatkan Tang dengan seragam militer dan mendapati bahwa ia telah bekerja sebagai peneliti di Universitas Kedokteran Militer Angkatan Udara Cina dan masih dianggap sebagai personil militer aktif.

Jika dinyatakan bersalah, Tang akan menerima hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda US $ 250.000, menurut CNA seperti terlansir media itu .

Masih dari sumber yang sama, penangkapan tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Cina. Awal pekan ini, pemerintah AS memerintahkan penutupan konsulat Cina di Houston, Texas, karena masalah keamanan. Beijing membalas pada hari Jumat (24 Juli) dengan memerintahkan AS untuk menutup konsulatnya di kota Chengdu.

0 comments: