Thursday, July 9, 2020

Akan Ada Warga Hong Kong yang Mungkin Pindah ke Negara Demokratis, Apakah Indonesia Termasuk Negara Tujuan Mereka?


Hong Kong - Pixabay


Hong Kong menjadi kota tujuan tenaga kerja Indonesia. Dikenal ramah, jarang ada kasus antara para pekerja tersebut dan atasan-atasan mereka selama di sana.

Tetapi, keadaan sudah berubah sejak diberlakukannya Undang-Undang Keamanan Kota oleh Beijing di Hong Kong. Sebagian warga kota itu kemungkinan malah akan bermigrasi ke negara demokratis. Sebutlah Inggris, Amerika, Australia, dan Taiwan sebagai empat negara utama tujuan mereka.

Kemungkinan itu kian besar mengingat perkembangan selanjutnya menambah alasannya. Misalnya seperti yang terlansir Reuters, Kamis (9/7/2020) Australia mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong sebagai tanggapan terhadap undang-undang keamanan baru yang diberlakukan di sana dan mengumumkan langkah-langkah untuk menarik bisnis dari pusat keuangan Asia tersebut.

Kanada pekan lalu mengumumkan akan menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong setelah undang-undang dan dapat meningkatkan imigrasi dari bekas jajahan Inggris.

Selandia Baru mengatakan pihaknya juga sedang meninjau kembali hubungannya dengan Hong Kong, dan akan meninjau pengaturan ekstradisi, kontrol terhadap ekspor barang strategis dan saran perjalanan.

Perdana Menteri Scott Morrison memprediksi, "Akan ada warga Hong Kong yang mungkin pindah ke tempat lain, untuk memulai kehidupan baru di tempat lain, untuk membawa keterampilan dan bisnis mereka."

Ia menambahkan bahwa siswa, lulusan, dan pekerja Hong Kong di Australia dengan visa sementara akan memiliki kesempatan untuk tinggal dan bekerja selama lima tahun tambahan dan mengajukan permohonan izin tinggal permanen setelah waktu itu di Australia.

Sementara Pejabat Menteri Imigrasi Australia, Alan Tudge, mengatakan, "Ada begitu banyak bakat di Hong Kong. Ada bisnis besar di Hong Kong. Dan kita tahu bahwa banyak orang sekarang mungkin mencari di tempat lain, karena mereka ingin berada di negara yang lebih bebas, mereka ingin berada di negara yang demokratis."

Dengan melihat perkembangan itu, mungkinkah Indonesia menjadi salah satu negara tujuan warga Hong Kong?

0 comments: