Saturday, May 23, 2020

Eid Mubarak, Kebahagiaan Umat Islam di Seluruh Dunia





Takbir hari raya Idul Fitri 1441 telah menggema. Umat Islam saling menyampaikan selamat hari raya yang diberkahi Allah swt atau lebih singkat dengan dua kata bahasa Arab, yakni Eid Mubarak.

Di era kekinian yang nyaris serba digital ini, dua kata bahasa Arab itu menjadi trending topik di Twitter. Kebahagiaan pun membahana meski di tengah pandemi global yang belum usai.

Setiap orang memang berhak bahagia dalam berbagai kondisi dan situasi. Entah sedang sakit, sehat, berlimpah rezeki, kesempitan uang, dan sebagainya. Sungguh tak ada larangan berbahagia.

Sebab, bahagia adalah wujud nyata kesyukuran umat manusia itu sendiri atas segala yang diterima dari-Nya. Tentu saja, tidak dengan pengungkapan yang berlebihan semisal menyalakan kembang api di malam lebaran.

Lalu bagaimana dengan besok?

Pertanyaan ini merujuk pada penyelenggaraan sholat Idul Fitri besok pagi.

Lazimnya tahun-tahun sebelumnya, umat Islam pergi ke tanah lapang pada pagi hari, menggelar sajadah, sholat Idul Fitri hingga selesai khutbah, lalu saling menyampaikan ucapan, "Taqabbalallahu minna wa minkum" yang artinya, 'Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian' atau  dengan ucapan "Taqabbalallahu minna wa minka" seperti yang tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.

Akan tetapi, di tengah pandemi, situasi dan kondisinya pasti berbeda. Virus Corona jenis baru asal Wuhan atau COVID-19 masih berkeliaran. Itu realitas di lapangan. Buktinya, masih ada kasus baru virus tersebut ditemukan di dunia.

Meski demikian, masih ada sebagian umat Islam yang berencana menyelenggarakan sholat Idul Fitri besok pagi dengan beragam alasan. Sebagiannya lagi memutuskan sholat sunnah itu di rumah masing-masing sebagai usaha mencegah penyebaran COVID-19 supaya tidak bertambah luas.

Menyikapi hal ini, maka idealnya terpulang kembali pada satu kata, "bahagia". Tidak perlu diperdebatkan panjang lebar. Masing-masing pihak sudah sama-sama dewasa, sudah tahu mana yang terbaik dalam menghadapi virus asal Wuhan itu. Semoga saja kita tetap bahagia dalam kesehatan dengan terus melawan COVID-19 secara maksimal hingga tuntas.

Dan, saya secara pribadi malam ini menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah yang diberkahi Allah swt. Taqabbalallahu minna wa minkum.

0 comments: