Tuesday, April 28, 2020

Masya Allah, Turki Adalah Negara Penyedia Bantuan Medis Terbesar Ketiga di Dunia





Sebagai bangsa besar yang pernah mempunyai negara adidaya pada masa lalu (Dinasti Utsmaniyah), kini dengan negara republiknya, Turki telah menjadi negara besar dan manusiawi.

Dikabarkan Anadolu Agency, Rabu (29.04.2020) Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengatakan Turki adalah pemasok bantuan medis terbesar ketiga di dunia selama pandemi Covid-19.

"Negara ini juga menyediakan jumlah bantuan kemanusiaan terbesar di dunia," kata Cavusoglu, pada Selasa.

Melalui Twitter, sang menteri membagikan pesan dengan tagar #StrongTurkey dan #HumanitarianForeignPolicy

Selain itu dikutip pula kata-kata penyair abad ke-13, Jalaluddin Rumi, yang dicetak pada kotak yang berisi bantuan medis untuk AS, "Setelah putus asa, ada begitu banyak harapan, dan setelah kegelapan, ada matahari yang jauh lebih terang."

Masih dari sumber yang sama, pesawat militer Turki yang membawa pasokan medis mendarat di AS pada hari Selasa untuk mendukung perjuangan negara itu melawan pandemi Covid-19.

Disiapkan di bawah instruksi Presiden Recep Tayyip Erdogan, pengiriman tersebut meliputi 500.000 masker bedah, 4.000 baju pelindung, 2.000 liter desinfektan, 1.500 kacamata, 400 masker N-95 dan 500 pelindung wajah.

Mengutip media itu, pesawat-pesawat Angkatan Bersenjata Turki sebelumnya juga telah mengirim peralatan kesehatan ke Spanyol, Italia, Inggris, Serbia, Kosovo, Bosnia dan Herzegovina, Makedonia Utara, Montenegro, Libya dan Somalia.

Ini sungguh luar biasa dan mulia.

0 comments: