Monday, April 13, 2020

Bendungan China Menahan Sejumlah Besar Air hingga Merusak di Negara-Negara Hilir



Manusia sangat membutuhkan air. Itu kebenaran yang tak bisa dibantahkan. Tanpa air, bagaimana manusia bisa hidup?

Terkait air, sebuah studi yang dilakukan perusahaan riset Amerika Serikat mengatakan bahwa Bendungan Sungai Mekong China menahan sejumlah besar air selama kekeringan yang merusak di negara-negara hilir tahun lalu meskipun China memiliki tingkat air lebih tinggi dari rata-rata di bagian hulu. Demikian yang dilaporkan Reuters, Senin (13/4/2020).

Temuan oleh Eyes on Earth Inc., sebuah perusahaan penelitian dan konsultasi yang mengkhususkan diri dalam air itu, dapat membuka diskusi yang kompleks antara China dan negara-negara Mekong lainnya. Yaitu tentang cara mengelola sungai yang mendukung 60 juta orang seperti itu mengalir melewati Laos, Myanmar, Thailand dan melalui Kamboja, dan Vietnam.

Dikabarkan, kekeringan tahun lalu, yang menyebabkan Mekong Bawah berada pada level terendah dalam lebih dari 50 tahun, menghancurkan para petani dan nelayan. Juga menyebabkan sungai besar terlihat surut hingga tampak gumuk pasir di sepanjang beberapa bentangan. Bahkan, di bagian lain berubah dari biasanya coklat gelap menjadi biru terang karena air begitu dangkal dan kurang dalam sedimen.

"Jika China menyatakan bahwa mereka tidak berkontribusi terhadap kekeringan, data tidak mendukung posisi itu," kata Alan Basist, seorang ahli meteorologi dan presiden Eyes on Earth, yang melakukan penelitian dengan pendanaan dari Mekong Bawah Departemen Luar Negeri AS. Prakarsa.

Itu menunjukkan China "tidak membiarkan air keluar selama musim hujan, bahkan ketika pembatasan air dari China memiliki dampak parah dari kekeringan yang dialami di hilir", kata Basist.

Masih dari sumber yang sama, efek dari 11 bendungan China di Mekong bagian atas telah lama diperdebatkan, tetapi data sangat langka karena China tidak merilis catatan terperinci tentang berapa banyak air bendungan yang digunakan untuk mengisi reservoir mereka, yang menurut Eyes on Earth memiliki kapasitas gabungan lebih dari 47 miliar meter kubik.

Sementara itu, Amerika Serikat yang menantang pengaruh China yang sedang tumbuh di Asia Tenggara, telah mengatakan bahwa Beijing pada dasarnya mengendalikan Mekong. Tahun lalu di Bangkok, Sekretaris Negara AS Mike Pompeo menyalahkan kekeringan pada "keputusan China untuk mematikan air di hulu".

Studi ini menggunakan data satelit yang diambil dengan Sensor Khusus Microwave Imager/Sounder (SSMI/S) teknologi untuk mendeteksi air di permukaan dari hujan dan pencairan salju di bagian China dari Cekungan Sungai Mekong dari tahun 1992 hingga akhir 2019.

Kemudian membandingkan data itu dengan pembacaan tingkat sungai oleh Komisi Sungai Mekong di Stasiun Hidrologi Chiang Saen Thailand, stasiun terdekat dengan China, untuk membuat model prediksi tingkat "alami" untuk sungai yang diberikan curah hujan hulu dan pencairan salju dalam jumlah tertentu .

Pada tahun-tahun awal data, dari tahun 1992, model prediktif dan pengukuran sungai dilacak secara umum.

Tetapi mulai tahun 2012, ketika bendungan PLTA Mekong Tiongkok yang lebih besar mulai daring, model dan pembacaan tingkat sungai mulai menyimpang hampir sepanjang tahun, bertepatan dengan periode waduk bendungan China yang terisi selama musim hujan dan melepaskan air selama musim kemarau.

Perbedaannya jelas terutama pada 2019, kata Basist.

0 comments: