Sunday, March 1, 2020

Turki Telah Luncurkan Operasi Perisai Musim Semi di Idlib, Bagaimana Wujudnya?


Turki kian intens melindungi warga sipil Idlib di bawah kesepakatan mereka pada September 2018 dengan Rusia. Seperti diketahui, rezim Assad telah melakukan serangan di wilayah tersebut. Padahal berdasarkan kesepakatan itu segala tindakan agresi dilarang di wilayah Idlib.

Mengutip Anadolu Agency, Senin (2/3/2020), pada hari Minggu, Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, mengumumkan negaranya telah meluncurkan Operasi Perisai Musim Semi di Idlib, Suriah, dalam menanggapi serangan rezim Assad baru-baru ini terhadap pasukan Turki.

Salah satu wujud operasi ini adalah serangan ke Bandara Militer Al-Nayrab, yakni untuk membuatnya tidak berfungsi. Bandara Militer Al-Nayrab di pinggiran pusat Kota Aleppo dikenal sebagai salah satu pangkalan yang sering digunakan rezim Assad dalam serangan terhadap militer Turki dan warga sipil di Idlib, (barat laut) Suriah.

Tentara Turki menggunakan drone bersenjata dan kendaraan pendukung penembakan untuk menargetkan bandara tersebut.

Alhasil, sumber-sumber lokal mengatakan berbagai tindakan rezim Assad semakin dibatasi karena Bandara Militer Al-Nayrab telah dibuat tidak dapat digunakan.


0 comments: