Saturday, March 21, 2020

Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Kirgistan Memperketat Pembatasan ketika Covid-19 Menyebar


Covid-19 ibarat hantu di setiap waktu. Anak-anak biasanya takut keluar rumah saat senja tiba karena banyak hantu berkeliaran saat itu. Atau, ibu hamil merasa was-was pada malam hari lantaran hantu penghisap janin melancarkan aksinya saat matahari masih tertidur lelap. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku pada Covid-19 yang tiada mengenal waktu dalam beraksi.

Ya, virus ini menyebar baik pagi, siang, senja, maupun malam hari. Setiap waktu. Sifatnya yang menempel dan bertahan di benda-benda membuatnya mudah menginfeksi banyak orang.

Itulah sebabnya, manusia di belahan bumi mana pun waspada terhadapnya. Termasuk di kawasan Asia Tengah yang memperketat pembatasan ketika Covid-19 menyebar.

Seperti terlansir Reuters, Sabtu (21/3/2020) pihak berwenang di Kazakhstan, Uzbekistan dan Turkmenistan (serta Kirgistan) telah mengumumkan pembatasan baru yang ditujukan untuk mencegah penyebaran virus corona karena jumlah kasus di Asia Tengah semakin meningkat.

Mengutip media itu, di Kazakhstan, di mana 52 kasus telah dikonfirmasikan, pihak berwenang mengatakan pada hari Sabtu mereka menutup semua taman di Almaty, kota terbesar di negara itu, yang pekan ini dikunci (lockdown) bersama dengan Ibu Kota Nur-Sultan.

Selama dua hari terakhir, polisi dan prajurit Garda Nasional juga telah mengunci beberapa bangunan tempat tinggal di Almaty di mana orang yang terinfeksi tinggal.

Di Uzbekistan, dengan 33 kasus yang dikonfirmasi, pemerintah mengatakan Jumat malam bahwa mereka menutup semua tempat hiburan dan rumah teh dan melarang pesta pernikahan berskala besar dan upacara keluarga lainnya.

Di Turkmenistan, yang sejauh ini melaporkan tidak ada kasus virus korona, penduduk setempat yang bepergian ke dan dari ibukota, Ashgabat, mengatakan bahwa pejabat di pos pemeriksaan yang dipasang di sekitar kota memberi tahu mereka bahwa perjalanan yang tidak penting dilarang.

Pemerintah Turkmenistan, yang sebelumnya menangguhkan semua penerbangan internasional, tidak membuat pengumuman resmi tentang ruang lingkup dan durasi pembatasan baru.

Pemerintah Kirgistan, tempat jumlah kasus Covid-19 dua kali lipat dalam semalam menjadi 12, mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka mengunci distrik provinsi di mana infeksi telah didiagnosis.


0 comments: