Thursday, March 26, 2020

Dipimpin Arab Saudi, G20 melalui Konferensi Video dalam KTT Darurat tentang COVID-19 yang "Mengancam Semua Umat Manusia"


Tidak seperti biasanya. Itulah yang paling tampak dalam Pertemuan G20 kali ini. Dipimpin oleh Arab Saudi, Pertemuan G20 melalui konferensi video  pada 26 Maret 2020 (hari ini).

Seperti terlansir AFP, Kamis (26/3/2020) para pemimpin negara paling maju di planet ini bertemu dalam keadaan darurat Kamis untuk mencoba membawa tanggapan terkoordinasi terhadap pandemi virus corona yang "mengancam seluruh umat manusia", menurut PBB, meskipun langkah-langkah "penahanan" belum pernah terjadi sebelumnya mempengaruhi lebih dari tiga miliar orang.

G20 akan mengadakan konferensi video konferensi yang diketuai oleh Arab Saudi, yang memegang presiden bergilir lembaga. Di Brussels, Parlemen Eropa menyelenggarakan sesi khusus yang ditujukan dalam tindakan darurat untuk menangani virus corona

Mengutip media itu, sekitar 20.600 pasien Covid-19 meninggal karena virus yang muncul di China pada bulan Desember. Jumlah yang terinfeksi sekarang mendekati setengah juta orang dengan lebih dari 450.000 kasus di seluruh dunia, dan itu "mengancam seluruh umat manusia", menurut PBB.

Eropa membayar harga terberat dengan dua pertiga korban. Korban sangat berat pada hari Rabu di Spanyol (3.434 kematian), yang melebihi Cina dalam jumlah kematian (3.281), tetapi juga di Perancis dan Italia, negara yang paling parah terkena dampak dengan lebih dari 7.500 kematian.

Masih dari sumber yang sama, di Vertova, sebuah desa kecil di Italia utara, virus ini telah membunuh lebih banyak orang daripada Perang Dunia Kedua. "Tidak ada yang pantas mendapatkan kematian yang mengerikan. Tidak masuk akal untuk melihat bahwa pada tahun 2020 mungkin ada pandemi semacam ini, lebih buruk daripada perang," sesal walikota, Orlando Gualdi.

"Sayangnya, tidak ada masker atau disinfektan di desa. Saya harus membuat masker sendiri, dengan selembar kain dan mesin jahit," kata Augusta Magni, seorang warga desa berusia 63 tahun di desa itu.

Dan Afrika, yang tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi krisis kesehatan berskala besar, menyebabkan kekhawatiran besar dengan munculnya kasus-kasus pertama di Mali atau Libya, negara-negara yang berperang.

Negara terpadat kedua di dunia, India (secara resmi mencatat 519 kasus, termasuk 10 fatal) pada hari Rabu membatasi 1,3 miliar penduduknya.

Di jalan-jalan kosong New Delhi, kicauan burung telah menggantikan hiruk-pikuk tanduk dan teriakan yang biasa. Di Bombay, Rafiq Ansari, seorang pedagang sayur, khawatir tentang "kekurangan" di masa depan karena "semakin sulit mendapatkan persediaan".

Di Rusia, Presiden Vladimir Putin meminta rekan-rekan warganya untuk "tinggal di rumah".

Konsekuensi dari tindakan penahanan atau pengurungan yang belum pernah terjadi sebelumnya: dunia macet dan ekonomi anjlok.

Berdasarkan sumber itu, G20, yang mewakili hampir dua pertiga populasi dunia dan tiga perempat dari PDB dunia, akan menyiapkan "respons komprehensif dan terkoordinasi terhadap pandemi Covid-19 dan implikasinya terhadap manusia dan ekonomi" , menurut Arab Saudi. G20 mencakup khususnya Amerika Serikat, Cina, Jepang, Jerman, Italia, dan Prancis. KTT ini direncanakan akan diikuti oleh negara-negara lain yang terkena virus corona seperti Spanyol, Yordania, Singapura atau Swiss, serta para pemimpin organisasi internasional besar.


0 comments: