Wednesday, March 4, 2020

4 Langkah Mudah Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Membuat hand sanitizer sendiri - Wikihow

Ada dua wujud dagangan yang langka seiring mewabahnya COVID-19. Terlebih pascamasuknya virus sangat mematikan itu di Indonesia. Apa dua wujud itu? Masker wajah (hidung sampai mulut) dan hand sanitizer. Kalau Anda tidak percaya, silakan cek sendiri di pasaran.

Meski demikian, Anda tak perlu panik seperti sedang berada di sebuah kapal perang yang nyaris tenggelam. Masih ada cara lain memiliki keduanya. Bagaimana caranya? Buat sendiri (bisa dibantu teman atau yang lainnya). Mengenai pembuatan masker wajah sudah dijelaskan di artikel sebelumnya (klik di sini).

Nah, kali ini, akan dijelaskan empat langkah mudah membuat hand sanitizer sendiri. Mengutip Wikihow yang terlansir Yahoo, berikut keempat langkah tersebut.

Pertama, siapkan bahan-bahan untuk membuatnya. Ada beberapa bahan, berikut rinciannya:

1) 2/3 cup alkohol 99% atau alkohol isopropyl

2) 1/3 cup gel aloe vera murni

3) 8 -- 10 tetes minyak esensial seperti lavender, cinnamon atau peppermint

4) Mangkuk

5) Sendok

6) Botol plastik

7) Corong

Kedua, campurkan alkohol 70% dengan gel aloe vera di dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Jika Anda merasa tekstur kurang lembut, tambahkan aloe vera lagi secukupnya.

Ketiga, tambahkan minyak esensial dan aduk secara perlahan. Anda bisa menyesuaikan jumlah minyak esensial sesuai dengan aroma yang disenangi.

Keempat, jika sudah dirasa cukup, masukkan cairan tersebut ke dalam botol plastik yang sudah disiapkan menggunakan corong. Hand sanitizer ini pun sudah siap digunakan di setiap saat Anda membutuhkannya.

Mudah, 'kan? Selamat mencoba!

0 comments: