Monday, February 10, 2020

Inilah Empat Anggota Militer China yang Didakwa Departemen Kehakiman Amerika Serikat atas Tuduhan Peretasan di Equifax

4 Peretas Militer Republik Rakyat China - Security Affairs

Departemen Kehakiman Amerika Serikat secara resmi mendakwa empat orang hacker atau peretas dari kalangan militer China pada Senin, (10/2). Keempatnya dituduh telah melakukan peretasan di agen pelaporan kredit Equifax pada tahun 2017 lalu.

Nah, para terdakwa tersebut merupakan anggota Lembaga Penelitian ke-54 PLA China, yakni sebuah divisi dari militer China (Republik Rakyat China).

Adapun keempat anggota unit militer China itu adalah Wu Zhiyong (吴志勇), Wang Qian (王 乾), Xu Ke (许可) dan Liu Lei (刘磊). Dakwaan DoJ juga menyatakan bahwa mereka telah mencuri kekayaan intelektual perusahaan (IP) dari perusahaan dan hingga kini masih buron. Diduga peretas-peretas militer ini bertempat tinggal di China.

Baca Juga: Dalam Catatan Resmi, Korban Kematian Global Virus Corona Wuhan Melewati Angka 1.000

"Ini adalah intrusi yang disengaja dan menyapu informasi pribadi rakyat Amerika," kata Jaksa Agung William Barr, saat mengumumkan dakwaan empat anggota Tentara Pembebasan China tersebut seperti terlansir RMOL (11/2).

Dalam sejumlah media dikatakan bahwa kasus ini merupakan salah satu kasus pelanggaran data terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Alasannya karena mempengaruhi sekitar 147 juta orang pelanggan Equifax. Peretas mencuri data mereka, termasuk informasi, termasuk nomor Jaminan Sosial, tanggal lahir, dan data SIM. Benar-benar kejahatan yang besar.


0 comments: